-->

Beasiswa Unggulan Dikti

Beasiswa Unggulan Dikti

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemdikbud gres saja mengumumkan lagi penawaran beasiswa unggulan (BU). Beasiswa ini ditujukan bagi calon dosen dan tenaga kependidikan sekolah tinggi tinggi di bawah naungan Kemdikbud. Jika Anda masuk kriteria, beasiswa ini sayang untuk dilewatkan. Di dalam negeri, Anda bisa mengenyam kuliah ibarat di UI, ITB, UGM, IPB, Unpad, ITS, Undip, Unhas, dan sederet sekolah tinggi tinggi ternama lainnya.

Komponen biaya yang ditanggung meliputi, biaya penyelenggaraan pendidikan, biaya hidup, biaya buku, biaya penelitian, biaya perjalanan keberangkatan dan kepulangan, dan biaya lain yang disetujui oleh Dikti. Besarnya komponen biaya diadaptasi lokasi pelaksanaan beasiswa (di dalam atau di luar negeri).

Persyaratan dan Ketentuan

*Persyaratan Umum Calon Penerima Beasiswa Unggulan
1. Calon dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) baik sekolah tinggi tinggi negeri maupun swasta.
2. Tenaga Kependidikan di lingkungan Kemdikbud baik dari Perguruan Tinggi Negeri maupun PTS
3. Calon peserta Beasiswa Unggulan diusulkan oleh pimpinan forum minimal eselon II di lingkungan Kemdikbud atau pimpinan sekolah tinggi tinggi.
4. Indek Prestasi Kumulatif (IPK) lulusan S1 3,0 untuk calon yang akan melanjutkan ke aktivitas S2, dan IPK 3,25 untuk lulusan S2 yang akan melanjutkan ke aktivitas S3.
5. Usia maksimal 26 tahun untuk calon yang akan melanjutkan S2 dan maksimal 30 tahun untuk calon yang akan melanjutkan S3 (untuk calon dosen).
6. Usia maksimal 38 tahun untuk calon yang akan melanjutkan S2 dan maksimal 40 tahun untuk calon yang akan melanjutkan S3 (untuk tenaga kependidikan).
7. Sudah diterima di aktivitas studi pascasarjana, yang dibuktikan dengan surat penerimaan dari sekolah tinggi tinggi penyelenggara.

*Persyaratan Khusus Calon Penerima Beasiswa Unggulan Luar Negeri
1. Lulus seleksi yang diadakan oleh tim seleksi yang dibuat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi
2. Memiliki surat penerimaan tanpa syarat (unconditional Letter of Acceptance) dari PT luar negeri yang mempunyai ranking dunia.
3. Memiliki akta kemampuan bahasa Inggris (minimal IELTS 6.0 ataupun TOEFL IBT 87), ataupun akta bahasa lainnya sesuai dengan bahasa pada sekolah tinggi tinggi luar negeri tujuan.

Mekanisme pendaftaran
1. Pendaftaran dilakukan secara on-line melalui laman: http://beasiswa.dikti.go.id/bu
2. Mendaftar ke PPs Penyelenggara yang dituju dengan memenuhi persyaratan registrasi (untuk beasiswa dalam negeri). Daftar PPs Penyelenggara (PTN/PTS) sanggup dilihat di panduan.
3. Calon tidak diperkenankan mendaftar Beasiswa Unggulan ke lebih dari satu PPs Penyelenggara.

Prosedur Pendaftaran Beasiswa Unggulan Luar Negeri

1. Mendaftarkan diri sebagai calon peserta Beasiswa Unggulan ke DIKTI secara on-line melalui laman http://beasiswa.dikti.go.id/bu
2. Mengisi Form-A dari DIKTI
3. Melampirkan Letter of Acceptance yang masih berlaku dari institusi dan/atau dari calon pembimbing di sekolah tinggi tinggi luar negeri yang dituju. Pelamar yang mendapat Uncoditional Letter of Acceptance bebas syarat dari PT yang dituju akan lebih diutamakan
4. Melampirkan salinan ijazah dan transkrip (IPK) S1 dan S2 yang telah dilegalisasi untuk yang akan menempuh aktivitas S3, atau salinan ijazah dan transkrip S1 untuk yang akan menempuh aktivitas S2
5. Melampirkan salinan akta yang masih berlaku- bukti kemampuan berbahasa Inggris (ITP TOEFL minimal 525, atau IELTS minimal 5.5) atau salinan akta penguasaan bahasa pengantar lain yang dipakai di sekolah tinggi tinggi tujuan masing-masing.
6. Pelamar aktivitas Doktor (S3) wajib melampirkan usulan penelitian (research proposal) yang telah disetujui oleh, atau sekurang-kurangnya sudah dikomunikasikan dengan, calon pembimbing di PT luar negeri yang dituju.

Deadline aplikasi
1. Beasiswa dalam negeri
Pendaftaran calon mahasiswa pada PPs penyelenggara dan registrasi online ke Diktendik DIKTI (https://bigscholars.blogspot.com//search?q=tes-toefl-persiapan-dan-tips-lulus">beasiswa dilakukan pertengahan Juli.
2. Beasiswa luar negeri
Akhir Maret batas selesai registrasi on-line. Pertengahan April batas selesai pengiriman berkas lengkap. Pertengahan Juni pengumuman calon yang diterima. Agustus-Oktober keberangkatan.

Pelamar BU dalam negeri selain mendaftar online pada laman tersebut, juga harus menyerahkan semua dokumen persyaratan pengajuan BU kepada aktivitas pascasarjana yang dituju. Sementara, pelamar BU luar negeri selain mendaftar online pada laman di atas, juga mengirimkan semua dokumen persyaratan pengajuan Beasiswa Unggulan disampaikan secara resmi ke alamat:

Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan,
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Gedung D, Lantai 5,
Jl. Jenderal Sudirman, Pintu 1 Senayan. Jakarta 10270.

Sumber https://www.beasiswapascasarjana.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser