-->

Orientasi Layanan Bk Smp/Mts Kurikulum 2013 Revisi 2017

Orientasi Layanan Bk Smp/Mts Kurikulum 2013 Revisi 2017

Orientasi Layanan BK SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 - Halo teman Big Scholars, pada postingan ini saya akn menyebarkan manajemen guru BK terbaru yakni Orientasi Layanan Bimbingan Konseling (BK) jenjang SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang bisa anda unduh secara gratis.

Pelayanan bimbingan dan konseling meliputi bimbingan dan konseling bagi akseptor didik yang mempunyai kemauan dan kecerdasan luar biasa. Bentuk nyata layanan bidang berguru diantaranya yang diberikan guru kelas kepada akseptor didik yang membutuhkan pengajaran remidi atau pendampingan khusus sebab kemampuan intelektualnya yang luar biasa. Disamping layanan terbatas pada akseptor didik yang menawarkan tanda-tanda penyimpangan perkembangan normal, pelayanan juga tersedia untuk semua akseptor didik.

Layanan Bimbingan dan konseling di Sekolah Menengah Pertama bercorak lain, lebih tegas dibedakan antara manajemen sekolah, bidang pengajaran, dan bidang training akseptor didik. Bidang training menawarkan keanekaragaman, termasuk pelayanan bimbingan. Pelaksanan pelayanan bimbingan dan konseling untuk pendidikan di SMP/MTs dilakukan oleh guru BK atau konselor sekolah. Pendekatan pelayanan bimbingan dan konseling dilakukan secara integratif, yang meliputi bidang belajar, pribadi, sosial dan karir, dengan aneka macam jenis layanan dan acara pendukukng.

perangkat.png" imageanchor="1" style="margin-left: 1em; margin-right: 1em;">perangkat.png" width="400" />

Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Pertama dilaksanakan oleh seorang yang profesional di bidangnya yang dikenal dengan Guru BK atau Konselor sekolah. Terdapat beberapa alasan diantaranya adalah:

  1. Usia Sekolah Menengah Pertama berada pada remaja, merupakan periode pertumbuhan fisik yang merupakan kelanjutan pertumbuhan dan perkembangan di masa kanak-kanak. Fase pubertas (kematang seksual) yang dihadapkan dengan aneka macam duduk kasus dan ketidak siapan menghadapinya.
  2. Periode perkembangan menuju kedewasaan dengan implikasi, diantaranya: kemandirian, tanggungjawab, dan disiplin diri.
  3. Kebutuhan independensi dan kemampuan untuk menalar dan berhipotesis berkembang sangat cepat, sebagai hasilnya remaja sangat kritis dan memberontak terhadap solusi orang dewsa.
  4. Keanggotaan dalam kelompok sebaya yang dipilih sendiri, sebagai sentra aktifitas berguru dan hiburan. Remaja lebih mengutamakan kelompoknya daripada terhadap orang tuanya.
  5. Remaja mulai mencari arah, nilai-nilai dan identitas pribadi. Dalam upaya pencarian identitas diri, remaja sering berhadapan dengan duduk kasus dalam perjalanan hidupnya.

Berbagai faktor kebutuhan remaja Sekolah Menengah Pertama diatas, mengakibatkan kebutuhan pelayanan khusus yang harus ditangani oleh andal yang profesional dalam membantu mengatasi masalah, atau perlu kehadiran konselor sekolah. Guru Mata pelajaran saja tidak cukup, sebab sudah mempunyai kiprah dan tanggung jawab sendiri terhadap mata pelajarannya.

Selengkapnya, bagi Guru BK jenjang SMP/MTs yang belum memiliki Orientasi Layanan Bimbingan dan Konseling Kurikulum 2013 Revisi 2017 bisa mengunduhnya melalui tautan link yang saya sematkan di bawah ini.

Orientasi Layanan BK Sekolah Menengah Pertama K13 Revisi 2017.docx, Big Scholars/dokumen/Orientasi%20Layanan%20BK%20Big Scholars.docx?attredirects=0&d=1" rel="nofollow" target="_blank">Unduh File

Demikian Orientasi Layanan BK SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang sanggup saya bagikan, agar bermanfaat.
Sumber http://www.websiteedukasi.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser