-->
Teknik Dasar Melaksanakan Handspring Dengan Benar

Teknik Dasar Melaksanakan Handspring Dengan Benar

Teknik Dasar Melaksanakan Handspring Dengan Benar

Pada ulaasan kali ini saya akan mengembangkan kepada sahabat semua teknik dalam melaksanakan Hand Spring. Hand Spring masuk kedalam senam ketangkasan. Hand Spring sanggup di bedakan dua macam , yaitu :

a. Tolakkan 1 kaki, mendarat atas 2 kaki
b. Tolakkan 2 kaki, mendarat atas 2 kaki

Bentuk yang lazim dilakukan ialah yang tertera pada tolakkan 1 kaki, mendarat atas 2 kaki, sedangkan yang lain dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Misalnya dalam ikatannya dengan gerakkan lain dalam satu rangkaian senam lantai atau untuk mendapat evaluasi yang lebih besar disebabkan faktor kesukarannya.


Bila diuraikan maka secara garis besar dari gerakkan hand spring secara keseluruhan didapat :
a. Bertumpu pada kedua tanagn menahan bobot badan
b. Badan melenting, sesaat melayang di udara
c. mendarat atas kedua kaki dalam keseimbangan yang baik

Latihan pendahuluan terutama kekuatan tangan, lengan dan pundak disamping latihan kelepasan persendia dan kelemasan otot punggung merupakan lamgkah yang harus dijalankan dan mendapat perhatian sepenuhnya.

Sikap hand stand, kayang, gerakkan lompat harimau, walk over, meroda pada satu pihak merupakan bentuk latihan untuk menguasai bentuk latihan tersebut diatas dan dinilai pihak sekaligus untuk training pengalaman gerak, kekuatan, keterampilan dan penguasaan diri pada tubuh, latihan dan perilaku diatas merupakan hal yanga kan memudahkan anak sanggup melaksanakan hand spring.

Langkah-langkah training biar anak sanggup melaksanakan hand spring dan demikian bekerja secara ekonomis, perlu membuat cara pinjaman yang memudahkan pelaksanaan dan juga menghilangkan kekhawatirannya .
Contoh :
  1. Dengan mengikat si anak pada pinggang, pengikat berujung dua kaki yang masing-masing dipegang seorang pembantu. Pembantu mengikuti arah hand spring dan agak mengangkatnya pada dikala pelaku melayang diatas.
  2. Dengan rintangan seorang anak dalam perilaku merangkak
  3. Melakukan pada landasan/dasar yang berbeda tingginya (matras disusun berlapis). Menopang, mengangkat selalu ditujukan terutama pada titik berat tubuh atau potongan tubuh yang akan menghambat gerakkan.
Melakukan latihan/gerakkan dengan irama lamabat (slow motion) perlu dilakukan pada anak yang menunjukakkan kelainnan gerakkan dari yang disaratkan.

Dalam hal ini menghilangkan kekhawatiran yang mungkin masih terdapat pada anak-anak. sedangkan mereka telah sanggup melakukannya (60-70%), maka dengan suasana permainan keterampilan, penguasaan bawah umur dalam hand spring sanggup ditingkatkan. Namun guru tetap tinggi dalam membantu.

Gambar Gerakkan Hand Spring

Hand Spring Tolakkan 1 kaki, mendarat atas 2 kaki


Hand Spring Tolakkan 2 kaki, mendarat atas 2 kaki


Demikian saya sampaikan cara melaksanakan Hand Spring, terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.
Sumber http://www.websiteedukasi.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser