-->
Teknik Dasar Meluncur Renang

Teknik Dasar Meluncur Renang

Teknik Dasar Meluncur Renang

Pada kesempan kali ini kami akan mengembangkan teknik dasar meluncur olahraga air yaitu berenang. Teknik meluncur ini yaitu lanjutan dari teknik pernafasan. Setelah menguasai cara bernafas dan mengapung, sanggup lanjutkan dengan latihan meluncur. Latihan ini diharapkan teristimewa untuk melatih keseimbangan tubuh di air.

Tidak sedikit yang mencar ilmu renang tidak bisa menguasai keseimbangan tubuh ketika karam dan bahkan tidak bisa bangun di bak renang, meskipun bak itu dangkal. Oleh alasannya itu, diharapkan latihan dengan tekun dan rutin.


Latihan meluncur bisa dilakukan sebagai berikut :
  1. Berdiri ditepi bak dengan membelakangi dinding bak dan salah satu kaki/telapaknya berada melekat pada dinding untuk siap menolak.

    Luruskan kedua lengan keatas kepala dengan ibu jari saling berkaitan satu sama lain.

    Tundukkan tubuh dengan berusaha ujung jari tangan lebih dahulu datang diatas permukaan air.

    Serentaknya dengan tibanya kedua tangan diatas permukaan air, kaki yang melekat pada dinding mendorong hingga tubuh terdorong kedepan.

    Disaat luncuran berjalan, hindarkan mengambil perilaku bangun sebelum titik luncurnya menurun dan lalu berhenti, dan sebagai akhirnya kaki secara titik luncurnya menurun dan lalu berhenti, hindarkan mengambil perilaku bangun sebelum titik luncuran menurun dan lalu berhenti, dan sebagai akhirnya kaki secara otomatis turun hingga sanggup berdiri.

    Apabila ketika meluncur dengan kecepatan tinggi turun dengan tiba-tiba untuk berdiri, banyak terjadi justru yang melaksanakan tidak bisa berhenti.

  2. Cara yang sama sanggup dilakukan dengan meluncur dari tengah-tengah bak dangkal. Setelah meluncur habis, lalu bangun dan lakukan berulang-ulang hingga membawa tubuh menepi.
Latihan meluncur ini sanggup dikembangakn hingga kedua belah kaki bisa melekat ke dinding bak dan perilaku ini hanya sanggup dilakuakn jika yang mencar ilmu sebelum meluncur terlebih dahulu masuk kebawah permukaan air dalam perilaku telengkupp hingga kedua kaki memungkinkan untuk menolak.

Latihan-latihan bisa dikerjakan secera berulang-ulang hingga tubuh bisa rileks dan terhindar dari rasa tegang yang sering berakibat tubuh memutar.

Teknik Meluncur

1. Persiapan
Berdiri rapat ditepi bak dengan perilaku membelakangi dinding kolam. Salah satu lutut ditekuk dan telapak kakinya melekat dinding kolam. Kedua tangan diluruskan sehingga kedua lengann atas melekat pendengaran dan kedua ibu jari saling mengikat.

2. Pelaksanaan
Bungkukkan tubuh sehingga kedua tangan dan tubuh masuk di permukaan air. Bersamaan dengan itu, dorongkan kaki yang melekat di dinding bak kedepan guna bertolak untuk meluncur. Biarkan luncuran tubuh samapai berhenti.

3. Gerakkan akhir
Setelah tubuh berhenti, segera turunkan kedua kaki sehingga posisi tubuh bangun didalam kolam.

Gambar : Teknik Meluncur

Demikian kami sampaikan cara teknik dasar meluncur olahraga renang, sekian dari kami supaya info ini bermanfaat untuk kita semua.
Sumber http://www.websiteedukasi.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser