-->

Beasiswa Goh Keng Swee (Gks) Singapura Di Nus, Ntu, Smu, Sutd

Beasiswa Goh Keng Swee (Gks) Singapura Di Nus, Ntu, Smu, Sutd

Dr Goh Keng Swee (GKS) Scholarship. Namanya mungkin tidak sefamiliar beasiswa di Singapura lainnya. Beasiswa ini memang sedikit berbeda. Pemberian nama beasiswa diambil dari salah seorang tokoh Singapura, Dr Goh Keng Swee. Seorang ekonom yang juga mantan Wakil Perdana Menteri Singapura di kurun 1968 – 1984. Menariknya beasiswa GKS memberi kesempatan bagi pelajar di Asia Pasific, salah satunya Indonesia untuk memperoleh beasiswa penuh jenjang S1. 

Ada sejumlah universitas terkemuka Singapura yang menjadi pilihan, di antaranya National University of Singapore (NUS), Nanyang Technological University (NTU), Singapore Management University (SMU), dan Singapore University of Technology and Design (SUTD). 

Beasiswa GKS dikelola oleh Association of Banks in Singapore (ABS). Tiap tahunnya 3 – 4 beasiswa penuh diberikan. Beasiswa mencakup biaya kuliah penuh serta biaya wajib lainnya, tiket PP Indonesia – Singapura, derma pemeliharaan sebesar SGD 6.500 per tahun, derma asrama, serta derma penyisihan dikala pertamakali datang di Singapura sebesar SGD 200. 

Pemberian beasiswa tersebut akan dievaluasi setiap tahun menurut capaian akademik dan maksimum diberikan hingga empat tahun. Setelah menuntaskan studi S1, kandidat diminta untuk bekerja selama 3 tahun di sebuah perusahaan Singapura atau perusahaan yang berbasis di Singapura di negara kawasan tinggal. 

Persyaratan: 
1. Beasiswa Dr GKS terbuka bagi pelamar yang berkewarganegaraan/memiliki paspor Brunei, Kamboja, Hong Kong, India, Indonesia, Jepang, Korea, Malaysia, Philipina, Tiongkok, Taiwan, Vietnam, Thailand, Laos, dan Myanmar. 
2. Bersamaan mendaftar masuk ke NUS, NTU, SMU, atau SUTD. Sebagian besar agenda akan dipertimbangkan, kecuali agenda khusus menyerupai kedokteran. Pelamar harus mematuhi deadline registrasi universitas.
3. Memperlihatkan kualitas kepemimpinan serta mempunyai prestasi akademik dan acara co-kurikuler yang baik 
4. Pernah ikut SAT, atau berjanji mengikuti tes SAT
Pendaftaran: 
Pengajuan beasiswa cukup mudah. Pelamar hanya perlu mendaftar secara online di laman beasiswa GKS. Buat akun terlebih dahulu. Setelah itu, lengkapi formulir aplikasi yang tersedia.

Selain itu, pelamar juga perlu mendaftar ke salah satu universitas di Singapura yang ditetapkan di atas. Pendaftaran ini sanggup dicek pribadi di masing-masing website universitasnya. 

Pendaftaran beasiswa GKS 2018 – 2019 dibuka 1 November 2017 hingga 15 Maret 2018. Sebaiknya pelamar mengirimkan aplikasi tersebut sebelum deadline berakhir. Pelamar yang masuk pemeringkatan akan diminta untuk mengikuti tes profil kepriadian secara online pada Maret atau April 2018.

Selanjutnya pelamar terpilih akan diminta untuk menghadiri wawancara yang digelar tamat Mei 2018 di Singapura. Biaya ditanggung sendiri oleh pelamar atau kalau pelamar tidak sanggup ke Singapura sanggup dipertimbangkan melalui alternatif lain.

Bagaimana, tertarik mencobanya? Untuk pertanyaan lebih lanjut sanggup disampaikan melalui email: GKS_Scholarships@abs.org.sg atau melalui laman ABS (abs.org.sg). Semoga berhasil!

Sumber https://www.beasiswapascasarjana.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser