-->

Beasiswa Pembinaan Guru Ke Jepang 2018 (Sd, Smp, Sma/Smk/Ma)

Beasiswa Pembinaan Guru Ke Jepang 2018 (Sd, Smp, Sma/Smk/Ma)

Kesempatan beasiswa training guru ke Jepang kembali dibuka Pemerintah Jepang 2018. Beasiswa ini disebut juga dengan Teacher Training Program. Sebuah kegiatan penataran guru yang dirancang khusus untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidang. Beasiswa ini sendiri termasuk dari salah satu Beasiswa Monbukagakusho yang ditawarkan Pemerintah Jepang. Para guru akan diberikan training cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa, serta hal lain yang bisa meningkatkan kualitas dan kemampuan guru. 

Beasiswa training guru ke Jepang 2018 ini berlangsung 1 tahun 6 bulan dan termasuk kegiatan non gelar. Pada 6 bulan pertama, kandidat terpilih akan mencar ilmu bahasa Jepang yang dimulai September 2018. Sasaran dari beasiswa ini yaitu guru SD, SMP, SMA, SMK, MA, dan sederajat.

Yang menarik dari beasiswa training guru di Jepang ini yaitu pelamar diberikan beasiswa tanpa perlu ikatan dinas, kemudian disediakan tiket pesawat pp Indonesia – Jepang, biaya pendidikan ditanggung penuh, bebas biaya pembuatan visa pelajar, serta diberikan pinjaman hidup ¥ 143.000 per bulan (± Rp 16 juta) yang diberikan setiap simpulan bulan selama masa studi di Jepang. Selain itu, beberapa universitas menyediakan asrama (biaya dibayarkan dari pinjaman hidup yang diberikan), dan khusus untuk universitas yang tidak menyediakan asrama, universitas sanggup membantu mencarikan daerah tinggal jikalau dibutuhkan. Menarik bukan? 

Persyaratan: 
1. Usia maksimal 34 tahun pada tanggal 1 April 2018 (lahir pada atau sesudah 2 April 1983)
2. Lulusan minimal D4 atau S1
3. Guru (pegawai negeri, swasta, honorer) yang sedang aktif mengajar di forum pendidikan formal SD, SMP, Sekolah Menengan Atas dan Sederajat (SMK, Madrasah, dsj), serta SLB
4. Pelamar telah mengajar lebih dari 5 tahun di forum pendidikan formal pada tanggal 1 April 2018
5. Semua bidang ditawarkan kecuali, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Arab, Pendidikan Agama, dan Perhotelan
6. Sehat jasmani dan rohani (bagi pelamar perempuan tidak diperbolehkan dalam kondisi hamil ketika melamar maupun ketika keberangkatan)
7. Bersedia mencar ilmu bahasa Jepang
8. Pelamar harus segera kembali ke Indonesia dan melanjutkan karirnya sebagai guru sesudah kegiatan beasiswa berakhir.
9. Bagi pelamar yang mempunyai salah satu kondisi/ situasi berikut, tidak sanggup mendaftar beasiswa kegiatan ini. Silakan baca pada tautan berikut (klik di sini –pdf)
Dokumen aplikasi: 
1. Lembar print-out e-mail konfirmasi pendaftaran online, yang berisi nomor ujian pelamar (pelajari bab Prosedur Pendaftaran poin 2-3).
2. Application Form 2018 (Unduh)
Formulir harus diisi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Silakan diketik atau tulis tangan. Disarankan memakai Adobe Acrobat Reader versi terbaru di komputer Anda.
● Pasfoto berwarna.
Formal. Warna latar bebas. Diambil 6 bulan terakhir, ukuran 3,5cm x 4,5cm. Pasfoto harus ditempel pada setiap Application Form.
3. Placement Preference Application Form 2018 (Unduh)
Formulir harus diisi dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang. Silakan diketik atau tulis tangan. Disarankan memakai Adobe Acrobat Reader versi terbaru di komputer Anda.
● Pilih maksimal 5 universitas yang terdapat dalam “Course Guide of Teacher Training Program” (Unduh)
4. Fotokopi transkrip nilai.
Transkrip nilai harus dalam bahasa Inggris dan dilegalisasi/dicap lembap orisinil oleh perguruan tinggi tinggi pelamar.
5. Fotokopi ijazah pendidikan terakhir.
Ijazah harus dalam bahasa Inggris dan dilegalisasi/dicap lembap orisinil oleh perguruan tinggi tinggi pelamar.
6. Surat keterangan dari daerah mengajar (Unduh contoh)
Surat yang menjelaskan bahwa pelamar yaitu staf pengajar yang masih aktif mengajar dan disetujui mengikuti kegiatan beasiswa ini. Surat disertai keterangan masa mengajar (dari tanggal berapa hingga tanggal berapa), dan dilegalisasi/dicap lembap oleh sekolah. Surat harus dibentuk dalam bahasa Inggris.
Jika masa mengajar yang lebih dari 5 tahun terpisah dalam beberapa sekolah, lampirkan juga surat keterangan masa mengajar dari sekolah sebelumnya. Surat dilegalisasi/dicap lembap oleh sekolah sebelumnya tersebut.
7. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah daerah mengajar kini (Unduh)
Surat rekomendasi berisi mengenai pribadi pelamar dan ditulis dalam bahasa Inggris. Format bebas atau gunakan form yang telah tersedia.
8. Bila ada, fotokopi akta kemampuan bahasa abnormal (TOEFL/IELTS/TOEIC/JLPT dan sejenisnya).

Catatan:
Dokumen dibentuk dalam kertas ukuran A4. Dokumen disusun sesuai urutan (poin 1 hingga 8) dan dibentuk sebanyak 4 rangkap (1 rangkap orisinil dan 3 rangkap fotokopi). Tidak perlu melampirkan dokumen yang tidak diminta. Lengkapi seluruh dokumen yang diharapkan sesuai instruksi. Bagi dokumen yang tidak sesuai arahan tidak akan diproses.

Prosedur Pendaftaran: 
1. Hanya pelamar yang memenuhi persyaratan saja yang boleh mendaftar.
2. Pelamar melaksanakan pendaftaran online terlebih dahulu melalui website berikut: http://register.beasiswamext.or.id
3. Setelah melaksanakan pendaftaran online, Anda akan mendapatkan e-mail konfirmasi. Silakan print-out e-mail tersebut dan harap mengingat “Nomor Ujian” yang Anda terima. Apabila dalam 5 menit Anda tidak mendapatkan e-mail konfirmasi, silakan cek kotak spam pada e-mail Anda.
4. Lengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan. Daftar dokumen sanggup dilihat pada keterangan sebelumnya.
5. Seluruh dokumen yang sudah dilengkapi dan disusun sesuai urutan dimasukkan ke dalam 1 amplop coklat. Silakan tulis kode“Teacher Training 2018”pada kanan atas amplop.
6. Berkas dikirim atau diserahkan pribadi ke:
   Kedutaan Besar Jepang
   Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan)
   Jl. M. H. Thamrin 24
   Jakarta 10350
7. Tidak mendapatkan dokumen yang dikirim melalui jasa pengiriman ojek online.
8. Berkas sudah harus datang di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat 12 JANUARI 2018.
9. Hanya pelamar dengan dokumen lengkap dan diterima sebelum deadline yang akan diproses. Dokumen yang telah dikirim ke Kedutaan Besar Jepang tidak sanggup dikembalikan dengan alasan apapun.

Tahap seleksi:
Sistem penyeleksian yang dipakai yaitu sistem gugur. Tahap penyeleksian beasiswa ini terbagi menjadi 5 tahap yaitu :
1. Seleksi Dokumen.
Pengumuman hasil seleksi dokumen akan ditampilkan di situs Kedutaan Besar Jepang dengan menampilkan “Nomor Ujian” pelamar pada tanggal 29 Januari 2018. Bagi yang lulus seleksi dokumen akan dipanggil untuk mengikuti seleksi ujian tulis.
2. Ujian Tulis
Pada tahap ini Anda akan menghadapi ujian bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Ujian diadakan serentak di Jakarta, Surabaya, Medan, Denpasar, dan Makassar.
3. Ujian Wawancara
Bagi yang lulus ujian tulis akan dipanggil untuk mengikuti ujian wawancara di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta. Biaya transportasi dan fasilitas tidak ditanggung oleh Kedutaan Besar Jepang.
4. Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho/MEXT. Berkas peserta akan bersaing dengan berkas peserta dari negara lain pada tahap ini.
5. Mereka yang lulus seleksi keseluruhan simpulan di Monbukagakusho/MEXT akan menjadi peserta beasiswa. Pengumuman final akan diumumkan pada bulan Juli 2018.

Jadwal seleksi:
Masa Pendaftaran: 8 Desember 2017 – 12 Januari 2018
Pengumuman Hasil Seleksi Dokumen: 29 Januari 2018
Ujian Tulis: Awal Februari 2018
Pengumuman Hasil Ujian Tulis: Pertengahan Februari 2018
Ujian Wawancara: Akhir Februari 2018
Pengumuman Hasil Ujian Wawancara: Awal Maret 2018
Pengumuman Final dari MEXT: Juli 2018
Berangkat ke Jepang: September 2018

Nah, bagi Anda yang berprofesi sebagai seorang guru dan ingin meningkatkan keahlian dan profesionalisme, beasiswa training guru 2017 dari Pemerintah Jepang ini patut Anda coba.

Kontak:
e: beasiswa@dj.mofa.go.jp
t: (021) 3192-4308
w: www.id.emb-japan.go.jp

Sumber https://www.beasiswapascasarjana.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser