-->

Rpp Ipa Kelas 8 Smp/Mts Semester 1 Dan 2 K13 Revisi 2017

Rpp Ipa Kelas 8 Smp/Mts Semester 1 Dan 2 K13 Revisi 2017

RPP IPA Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 dan 2 K13 Revisi 2017 - RPP merupakan perangkat pembelajaran sesuai dengan silabus. Melangkapi perangkat pembelajaran tahun pelajaran 2017/2018 saya akan berbagi RPP IPA Kelas 8 jenjang SMP/MTs Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 sudah Integritas, PPK, Literasi, 4C dan HOST lengkap semua materi pelajaran.

Seperti yang kita katahui bersama, RPP wajib dibuat oleh guru menyerupai RPP mata pelajaran IPA Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi terbaru 2017 yang coba saya bagikan ini.

RPP Ilmu Pengetahun Alam (IPA) Kelas VIII jenjang SMP/MTs Semester 1/ ganjil dan  semester 2/ genap Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 ini secara lengkap yang diantaranya sebagai berikut;

  • Sistem Gerak pada manusia
  • Gerak dan Gaya
  • Pesawat Sederhana
  • Struktur dan Fungsi Tumbuhan
  • Sistem Pencernaan Pada Manusia
  • Zat Aditif dan Adiktif
  • Sistem peredaran darah
  • Tekanan zat
  • Sistem Pernapasan
  • Sistem Ekskresi
  • Getaran, Gelombang, dan Bunyi
  • Cahaya

Berikut ini yakni Contoh RPP IPA Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                                 : SMP…
Mata Pelajaran                    : IPA
Kelas/Semester                    : VIII / Genap
Materi Pokok                       : Tekanan Zat
Alokasi Waktu                     : 4 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit

A.      Kompetensi Inti
·         KI1 dan KI2: Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional.
·         KI3: Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana menurut rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan insiden tampak mata.
·         KI4: Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah ajaib sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.      Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.8    Memahami tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
·       Memahami fenomena yang bekerjasama dengan tekanan zat padat, cair, dan gas
·       Menghubungkan tekanan zat cair di ruang tertutup dengan tekanan darah manusia
·       Menghubungkan tekanan zat cair di ruang tertutup dengan osmosis
·       Menghubungkan tekanan zat cair di ruang tertutup dengan insiden kapilaritas
4.8    Menyajikan data hasil percobaan untuk menyidik tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, gaya apung, dan kapilaritas, contohnya dalam batang tumbuhan
·       Melakukan percobaan untuk menyidik tekanan zat padat, cair, dan gas
·       Mengidentifikasi melalui percobaan faktor-faktor yang menghipnotis tekanan zat padat, cair, dan gas
·       Menyajikan hasil percobaan tekanan zat padat, cair, dan gas

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, akseptor didik diperlukan dapat:
•      Memahami fenomena yang bekerjasama dengan tekanan zat padat, cair, dan gas
•      Menghubungkan tekanan zat cair di ruang tertutup dengan tekanan darah manusia
•      Menghubungkan tekanan zat cair di ruang tertutup dengan osmosis
•      Menghubungkan tekanan zat cair di ruang tertutup dengan insiden kapilaritas
•      Melakukan percobaan untuk menyidik tekanan zat padat, cair, dan gas
•      Mengidentifikasi melalui percobaan faktor-faktor yang menghipnotis tekanan zat padat, cair, dan gas
•      Menyajikan hasil percobaan tekanan zat padat, cair, dan gas

D.      Materi Pembelajaran
Tekanan Zat
•      Tekanan zat padat, cair, dan gas
•      Tekanan darah
•      Osmosis
•      Kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan

E.      Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan          : Scientific
2.       Metode                  : Diskusi dan Eksperimen
3.       Model                    : Discovery Learning

F.       Media Pembelajaran
v  Media :
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar penilaian
Ø Laboratorium IPA sekolah
Ø Perpustakaan sekolah

v  Alat/Bahan :
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Ø Slide presentasi (ppt)


G.      Sumber Belajar
Ø  Buku IPA Kelas VIII Kemdikbud
Ø  Buku lain yang menunjang
Ø  Multimedia interaktif dan Internet

H.      Langkah-Langkah Pembelajaran
1 . Pertemuan Pertama (4 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali acara pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan citra ihwal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik diperlukan sanggup menjelaskan ihwal materi :
Ø Pengantar ihwal Tekanan Zat
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan dikala itu.
v Memberitahukan ihwal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 130 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Pengantar ihwal Tekanan Zat dengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Pengantar ihwal Tekanan Zat.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Pengantar ihwal Tekanan Zat untuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang bekerjasama dengan Pengantar ihwal Tekanan Zat.
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pengantar ihwal Tekanan Zat.
v Mendengar
Pemberian materi Pengantar ihwal Tekanan Zat oleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar acara secara garis besar/global ihwal materi pelajaran mengenai materi :
Ø Pengantar ihwal Tekanan Zat
untuk melatih rasa syukur, kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru menunjukkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui acara belajar, contohnya :
v Mengajukan pertanyaan ihwal materi :
Ø Pengantar ihwal Tekanan Zat
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi suplemen ihwal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Pengantar ihwal Tekanan Zat yang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali referensi dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman ihwal materi Pengantar ihwal Tekanan Zat yang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari acara mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Pengantar ihwal Tekanan Zat yang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Pengantar ihwal Tekanan Zat yang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas rujukan dalam buku paket mengenai materi Pengantar ihwal Tekanan Zat.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi ihwal materi Pengantar ihwal Tekanan Zat yang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara verbal atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diri Pengantar ihwal Tekanan Zat sesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Pengantar ihwal Tekanan Zat
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi ihwal data dari Materi :
Ø Pengantar ihwal Tekanan Zat
v Mengolah informasi dari materi Pengantar ihwal Tekanan Zat yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari acara mengamati dan acara mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan pinjaman pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pengantar ihwal Tekanan Zat.
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui acara :
v Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan ihwal materi :
Ø Pengantar ihwal Tekanan Zat
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara gotong royong membahas tanggapan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  ihwal materi Pengantar ihwal Tekanan Zat berupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal ihwal materi :
Ø Pengantar ihwal Tekanan Zat
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pengantar ihwal Tekanan Zat dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi ihwal materi Pengantar ihwal Tekanan Zat yang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan ihwal point-point penting yang muncul dalam acara pembelajaran yang gres dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis ihwal materi :
Ø Pengantar ihwal Tekanan Zat
v Menjawab pertanyaan ihwal materi Pengantar ihwal Tekanan Zat yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya ihwal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Pengantar ihwal Tekanan Zat yang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Pengantar ihwal Tekanan Zat yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.

Selengkapnya, bagi bapak dan ibu guru mata pelajaran IPA yang belum memiliki RPP IPA Kelas 8 SMP/MTs Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 bisa mengunduhnya pada tautan link yang saya sematkan dibwah ini;

RPP IPA SMP/MTs Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP IPA Kelas 8 K13 Revisi 2017 Sistem Gerak pada manusia, Unduh File
RPP IPA Kelas 8 K13 Revisi 2017 Gerak dan Gaya, Unduh File
RPP IPA Kelas 8 K13 Revisi 2017 Pesawat Sederhana, Unduh File
RPP IPA Kelas 8 K13 Revisi 2017 Struktur dan Fungsi Tumbuhan, Unduh File
RPP IPA Kelas 8 K13 Revisi 2017 Sistem Pencernaan Pada Manusia, Unduh File
RPP IPA Kelas 8 K13 Revisi 2017 Zat Aditif dan Adiktif, Unduh File
RPP IPA Kelas 8 K13 Revisi 2017 Sistem peredaran darah, Unduh File

RPP IPA SMP/MTs Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017

RPP IPA Kelas 8 K13 Revisi 2017 Tekanan zat, Unduh File
RPP IPA Kelas 8 K13 Revisi 2017 Sistem Pernapasan, Unduh File
RPP IPA Kelas 8 K13 Revisi 2017 Sistem Ekskresi, Unduh File 
RPP IPA Kelas 8 K13 Revisi 2017 Getaran, Gelombang, dan Bunyi, Unduh File
RPP IPA Kelas 8 K13 Revisi 2017 Cahaya, Unduh File

Demikian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) IPA Kelas 8 jenjang SMP/MTs Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang sanggup saya bagikan, biar bermanfaat. (Source : Progampendidikan.com)

Sumber http://www.websiteedukasi.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser