-->

Rpp Matematika Kelas 8 Smp/Mts Semester 2 Dan 1 K13 Revisi 2018

Rpp Matematika Kelas 8 Smp/Mts Semester 2 Dan 1 K13 Revisi 2018

RPP Matematika Kelas 8 SMP/MTs Semester 2 dan 1 K13 Revisi 2018 - Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan pegangan guru di dalam kelas. RPP dibuat oleh guru untuk membantunya dalam mengajar semoga sesuai dengan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar pada hari tersebut.

RPP Matematika Kelas 8 Kurikulum 2013 revisi terbaru wajib dibuat oleh guru sebab dengan RPP kita sanggup dengan gampang dalam memberikan materi pembelajaran.

Berbicara RPP, pada postingan ini saya akan berbagi RPP Matematika Kelas 8 jenjang SMP/MTs Semester 2 dan semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang bisa anda unduh secara gratis. Adapun contoh RPP Matematika Kelas 8 Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2018 sebagai berikut;

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                                : SMP
Mata Pelajaran                    : Matematika
Kelas/Semester                    : VIII /Ganjil
Materi Pokok                       : Pola Bilangan
Alokasi Waktu                     : 5 Minggu x 5 Jam Pelajaran @40 Menit

A.      Kompetensi Inti
·         KI1 dan KI2:Menghargai dan menghayati anutan agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati sikap jujur,disiplin,santun,percaya diri,peduli, danbertanggung jawabdalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional.
·         KI3:Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana menurut rasa ingin tahunya tentangilmu pengetahuan,teknologi,seni,budayadengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
·         KI4:Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secarakreatif, produktif,kritis,mandiri,kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah aneh sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.      Kompetensi Dasar Dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
3.1       Membuat generalisasi dari pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
·       Mengidentifikasi pengertian pola bilangan
·       Mengidentifikasi pengertian pola konfigurasi objek
·       Menjelaskan salah satu konteks yang terkait dengan pola bilangan
·       Menjelaskan salah satu konfigurasi objek yang terkait dengan
·       Mengidentifikasi pola bilangan dari suatu barisan
·       Memahami cara menentukan taktik dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan
·       Menjelaskan keterkaitan antar suku-suku pola bilangan atau bentuk-bentuk pada konfigurasi objek
4.1       Menyelesaikan problem yang berkaitan dengan pola pada barisan bilangan dan barisan konfigurasi objek
·       Mengenal pola bilangan, barisan dan pola umumnya untuk menuntaskan problem nyata serta menemukan problem baru.
·      Melakukan eksperimen untuk menggeneralisasi pola bilangan atau konfigurasi objek
·       Menyajikan hasil pembelajaran perihal pola bilangan

C.      Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, akseptor didik dapat:
·         Mengidentifikasi pengertian pola bilangan
·         Mengidentifikasi pengertian pola konfigurasi objek
·         Menjelaskan salah satu konteks yang terkait dengan pola bilangan
·         Menjelaskan salah satu konfigurasi objek yang terkait dengan
·         Mengidentifikasi pola bilangan dari suatu barisan
·         Memahami cara menentukan taktik dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan
·         Menjelaskan keterkaitan antar suku-suku pola bilangan atau bentuk-bentuk pada konfigurasi objek
·         Mengenal pola bilangan, barisan dan pola umumnya untuk menuntaskan problem nyata serta menemukan problem baru.
·         Melakukan eksperimen untuk menggeneralisasi pola bilangan atau konfigurasi objek
·         Menyajikan hasil pembelajaran perihal pola bilangan

D.      Materi Pembelajaran
Pola Bilangan
·         Pola bilangan
·         Pola konfigurasi objek

E.      Metode Pembelajaran
1.       Pendekatan          :  Saintifik
2.       Model                    :  Discovery Based Learning
3.       Metode                 :  Demonstrasi

F.       Media Pembelajaran
  1. Laptop
  2. LCD
  3. Power Point
  4. Internet

G.      Sumber Belajar
1. As’ari, Abdur Rahman, dkk.. (2017). Matematika Jilid I untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII. Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2. Internet

H.      Langkah-Langkah Pembelajaran

1. Pertemuan Pertama(2 x 40 Menit)
Kegiatan Pendahuluan (15 Menit)
Guru :
Orientasi
v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka, memanjatkan syukur kepada Tuhan YME dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v Memeriksa kehadiran akseptor didik sebagai sikap disiplin
v Menyiapkan fisik dan psikis akseptor didik  dalam mengawali aktivitas pembelajaran.
Aperpepsi
v Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman akseptor didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya
v Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v Memberikan citra perihal manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari.
v Apabila materitema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka akseptor didik dibutuhkan sanggup menjelaskan perihal materi :
Ø Pola Bilangan Ganjil
v Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v Mengajukan pertanyaan
Pemberian Acuan
v Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan ketika itu.
v Memberitahukan perihal kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v Pembagian kelompok belajar
v Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar  sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
Kegiatan Inti ( 50 Menit )
Sintak Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Stimulation
(stimullasi/
pemberian
rangsangan)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik materi Pola Bilangan Ganjildengan cara :
v Melihat (tanpa atau dengan Alat)
Menayangkan gambar/foto/video yang relevan.
v Mengamati
Ø Lembar kerja materi Pola Bilangan Ganjil.
Ø Pemberian contoh-contoh materi Pola Bilangan Ganjiluntuk sanggup dikembangkan akseptor didik, dari media interaktif, dsb
v Membaca.
Kegiatan literasi ini dilakukan di rumah dan di sekolah dengan membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berafiliasi dengan Pola Bilangan Ganjil.
v Menulis
Menulis resume dari hasil pengamatan dan bacaan terkait Pola Bilangan Ganjil.
v Mendengar
Pemberian materi Pola Bilangan Ganjiloleh guru.
v Menyimak
Penjelasan pengantar aktivitas secara garis besar/global perihal materi pelajaran mengenai materi :
Ø Pola Bilangan Ganjil
untuk melatih rasa syukur,kesungguhan dan kedisiplinan, ketelitian, mencari informasi.
Problem
statemen
(pertanyaan/
identifikasi
masalah)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Guru memperlihatkan kesempatan pada akseptor didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui aktivitas belajar, misalnya :
v Mengajukan pertanyaan perihal materi :
Ø Pola Bilangan Ganjil
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapat informasi pemanis perihal apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual hingga ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan berguru sepanjang hayat.
Data
collection
(pengumpulan
data)
KEGIATAN LITERASI
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v Mengamati obyek/kejadian
Mengamati dengan seksama materi Pola Bilangan Ganjilyang sedang dipelajari dalam bentuk gambar/video/slide presentasi yang disajikan dan mencoba menginterprestasikannya.
v Membaca sumber lain selain buku teks
Secara disiplin melaksanakan kegiatan literasi dengan mencari dan membaca banyak sekali rujukan dari banyak sekali sumber guna menambah pengetahuan dan pemahaman perihal materi Pola Bilangan Ganjilyang sedang dipelajari.
v Aktivitas
Menyusun daftar pertanyaan atas hal-hal yang belum sanggup dipahami dari aktivitas mengmati dan membaca yang akan diajukan kepada guru berkaitan dengan materi Pola Bilangan Ganjilyang sedang dipelajari.
v Wawancara/tanya jawab dengan nara sumber
Mengajukan pertanyaan berkaiatan dengan materi Pola Bilangan Ganjilyang telah disusun dalam daftar pertanyaan kepada guru.

COLLABORATION (KERJASAMA)
Peserta didik dibuat dalam beberapa kelompok untuk:
v Mendiskusikan
Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas pola dalam buku paket mengenai materi Pola Bilangan Ganjil.
v Mengumpulkan informasi
Mencatat semua informasi perihal materi Pola Bilangan Ganjilyang telah diperoleh pada buku catatan dengan goresan pena yang rapi dan memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
v Mempresentasikan ulang
Peserta didik mengkomunikasikan secara mulut atau mempresentasikan materi dengan rasa percaya diriPola Bilangan Ganjilsesuai dengan pemahamannya.
v Saling tukar informasi tentang materi :
Ø Pola Bilangan Ganjil
dengan ditanggapi aktif oleh akseptor didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan gres yang sanggup dijadikan sebagai materi diskusi kelompok kemudian, dengan memakai metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui banyak sekali cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan berguru dan berguru sepanjang hayat.
Data
processing
(pengolahan
Data)
COLLABORATION (KERJASAMA) dan CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi perihal data dari Materi :
Ø Pola Bilangan Ganjil
v Mengolahinformasi dari materi Pola Bilangan Ganjilyang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari aktivitas mengamati dan aktivitas mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan santunan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai materi Pola Bilangan Ganjil.
Verification
(pembuktian)
CRITICAL THINKING (BERPIKIR KRITIK)
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui aktivitas :
v Menambah keluasan dan kedalaman hingga kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari banyak sekali sumber yang mempunyai pendapat yang berbeda hingga kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan mekanisme dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam mengambarkan perihal materi :
Ø Pola Bilangan Ganjil
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas tanggapan soal-soal yang telah dikerjakan oleh akseptor didik.
Generalization
(menarik
kesimpulan)
COMMUNICATION (BERKOMUNIKASI)
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v Menyampaikan hasil diskusi  perihal materi Pola Bilangan Ganjilberupa kesimpulan menurut hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan.
v Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal perihal materi :
Ø Pola Bilangan Ganjil
v Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan tentanag materi Pola Bilangan Ganjildan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan.
v Bertanya atas presentasi perihal materi Pola Bilangan Ganjilyang dilakukan dan akseptor didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.

CREATIVITY (KREATIVITAS)
v Menyimpulkan perihal point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran yang gres dilakukan berupa :
Laporan hasil pengamatan secara tertulis perihal materi :
Ø Pola Bilangan Ganjil
v Menjawab pertanyaan perihal materi Pola Bilangan Ganjilyang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v Bertanya perihal hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa berkaitan dengan materi Pola Bilangan Ganjilyang akan selesai dipelajari
v Menyelesaikan uji kompetensi untuk materi Pola Bilangan Ganjilyang terdapat pada buku pegangan akseptor didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran.
Catatan : Selama pembelajaran Pola Bilangan Ganjilberlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang mencakup sikap: nasionalisme,  disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi problem tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan
Kegiatan Penutup (15 Menit)
Peserta didik :
v Membuat resume (CREATIVITY) dengan bimbingan guru perihal point-point penting yang muncul dalam aktivitas pembelajaran perihal materi Pola Bilangan Ganjilyang gres dilakukan.
v Mengagendakan pekerjaan rumah untuk materi pelajaran Pola Bilangan Ganjilyang gres diselesaikan.
v Mengagendakan materi atau kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
v Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  eksklusif diperiksa untuk materi pelajaran Pola Bilangan Ganjil.
v Peserta didik yang  selesai mengerjakan kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk evaluasi kiprah projek/produk/portofolio/unjuk kerja pada materi pelajaran Pola Bilangan Ganjil.
v Memberikan penghargaan untuk materi pelajaran Pola Bilangan Ganjilkepada kelompok yang mempunyai kinerja dan kerjasama yang baik.

Bapak/ ibu guru sahabat Big Scholars yang berbahagia, perlu bapak dan ibu ketahui bersama bahwa, RPP Matematika kelas 8 K13 Revisi 2018 ini gotong royong RPP Matematika kelas 8 kurikulum 2013 revisi 2017, yang bisa bapak dan ibu guru gunakan sebagai materi rujukan dalam pembuatan RPP kelas 8 tahun pelajaran 2018/2019.

Selengkapnya, bagi bapak dan ibu guru yang ingin mengunduh RPP Matematika SMP/MTs Kelas 8 Semester 2 dan 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 melaui tautan dibawah ini;

Persamaan Linear Dua Variabel (PLDV).docx, Unduh
Pola Bilangan.docx, Unduh
Bidang Cartesius.docx, Unduh
Relasi dan Fungsi.docx, Unduh
Persamaan Garis Lurus.docx, Unduh
Teorema Pythagoras.docx, Unduh
Lingkaran.docx, Unduh
Bangun Ruang Sisi Datar.doc, Big Scholars/dokumen/RPP%20MTK%20Bangun%20Ruang%20%28Model%20Discovery%20Learning%29.doc?attredirects=0&d=1" rel="noopener nofollow" target="_blank">Unduh
Statistik.docx, Unduh
Peluang.docx, Unduh

Demikian RPP Matematika Kelas 8 jenjang SMP/MTs Semester 2 dan semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2018 yang sanggup saya bagikan, semoga bermanfaat.
Sumber http://www.websiteedukasi.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser