-->
Soal Pretest Ppg/ Ppgj Tahap 2 Tahun 2018

Soal Pretest Ppg/ Ppgj Tahap 2 Tahun 2018

Soal Pretest Ppg/ Ppgj Tahap 2 Tahun 2018

Soal Pretest PPG/ PPGJ Tahap 2 Tahun 2018 - Halo sobat Big Scholars, pada postingan ini saya akan mengembangkan Soal-soal Pretest PPG/ PPGJ dalam Jabatan Tahap 2/ II Tahun 2018. Selengkapnya bisa anda baca soal ppg tahap II tahun 2018 di bawah ini .......

Kumpulan Soal PPG Tahap 2 Tahun 2018 ini bukanlah soal bocoran melainkan hanya soal latihan untuk menambah pengetahuan sebelum menghadapi Pretest PPG tahap 2 Tahun 2018 yang jadwal-nya sudah di terbitkan oleh Dirjen GTK.

Soal PPG Tahap 2 Tahun 2018 ini berjumlah 100 soal pilihan ganda, Adapun Soal Pretest PPG Tahap 2 (II) Tahun 2018 sebagai berikut;


Note: Jika bapak dan ibu guru ingin mengunduh Prediksi Soal PPGJ/ PPG  Model A-C beserta Kunci jawaban bisa mengunduhnya melalui tautan link yang ada di bawah postingan blog.

1. Seorang siswa diminta untuk mengidentifikasi problem yang mereka hadapi, kemudian problem itu didiskusikan dalam kelompok untuk mendapat solusinya.
Ilustasi ini berkaitan dengan perkembangan ....
A. kemampuan kognitif
B. kemampuan interaksional
C. kemampuan integrasi diri
D. kemampuan komunikatif

2. Pernyataan berikut yang menjelaskan makna istilah kognitif adalah….
A. kemampuan berkomunikasi
B. Kemampuan untuk memecahkan masalah
C. kemampuan berinteraksi
D. kemampuan untuk mengintegrasikan diri

3. Kemampuan berfikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah nalar tapi masih terkait dengan obyek-obyek bersifat konkrit merupakan ciri-ciri kemampuan anak berusia
A. 0 - 2 tahun
B. 2 -- 7 tahun
C. 7 -- 11/12 tahun
D. 11/12/ -- 14/15 tahun

4. Menggunakan potongan sapu lidi, kelereng, globe, gambar-gambar yang menyangkut pembelajaran IPA serta IPS sebagai media ialah sesuai dengan tahapan perkembangan berfikir anak yang dikenal sebagai tahapan
A. Anak memahami bilangan dan angka tetapi masih terkait dengan obyek bersifat kongkrit (operasional konkrit)
B. Pengamatan dan penginderaan yang intensif terhadap lingkunganya (sensomotor)
C. Dominasi pengamatan bersifat egosentris
D.  Kemampuan mengoperasikan kaidah nalar yang tidak terikat lagi dengan obyek yang bersifat konkrit (operasional formal)

5. Kemampuan penerima didik untuk membina relasi dan kemampuan memotivasi diri termasuk kecerdasan….
A.  Kognitif
B.  Sosial
C.  Emosional
D.   moral

6. Seorang penerima didik selalu ingin mendominasi dalam suatu kelompok belajar. Dia tidak memberi kesmpatan anggota lain untuk mengemukakan pendapat. Jika sahabat lain yang memimpin dan mengendalikan jalannya diskusi, ia memisahkan diri dan cenderung mencar ilmu sendiri.
Peserta didik tersebut mengalami permasalahan dalam perkembangan
A. sosial-emosional
B. kognitif
C. moral
D. spritual

7. Peserta didik telah mempunyai yang mempunyai moralitas benar-benar diinternalisasikan dan tidak didasarkan pada standar-standar orang lain. Dia mengenal tindakan moral alternatif, menjajaki pilihan-pilihan, dan kemudian tetapkan berdasarkan suatu isyarat moral pribadi.
Hal ini merupakan contoh sikap moral-spritual pada tahapan ...
A. daypikir pascakonvensional
B. daypikir konvensional
C. daypikir prakonvensional
D. daypikir interkonvensional

8. Individu memandang apa yang diharapkan oleh keluarga, kelompok, masyarakat dan bangsa serta setia mendukung hukum social bukan hanya untuk ketenangan tetapi disadari sebagai sesuatu yang berharga. Pernyataan tersebut merupakan tahapan perkembangan moral
A. Prakonvensional
B. Konvensional
C. Pascakonvensional
D. Interkonvensional

9. Memaksimalkan kegiatan ekstrakurikuler, melaksanakan rekreasi dengan guru, dan melaksanakan kegiatan informal lainnya mempunyai fungsi untuk mengatasi kesulitan mencar ilmu dalam hal ….
A. mengemukakan gagasan
B. mengaktualisasikan diri
C. penciptaan relasi yang baik
D. menformulasikan tindakan

10. Seorang penerima didik merasa kurang bersemangat pada jam usai pembelajaran. Dia bahkan lebih bahagia tinggal di sekolah hingga sore, petugas kebersihan sekolah hingga menyuruhnya pulang alasannya ialah matahari hampir tenggelam.
Peserta didik tersebut dicurigai mempunyai hambatan pengembangan potensi berupa faktor ....
A. intelegensi dan kognitif
B. budaya dan pembiasaan
C. keluarga dan lingkungan masyarakat
D. emosional dan kepribadian

11. Seorang penerima didik bisa mendengarkan informasi yang disampaikan oleh guru tetapi pada ketika ditanya ia tidak mengerti apa yang ia dengar. Peserta didik tersebut mengalami kesulitan/ gangguan mencar ilmu dalam hal ....
A. kesulitan akademis
B. gangguan simbolik
C. gangguan nonsimbolik
D. gangguan sosial

12. Perbedaan antara konseling dan wawancara terletak pada maksud dan tujuannya. Tujuan konseling adalah....
A. Membantu siswa biar sanggup memecahkan problem pribadinya
B. Menbantu siswa biar sanggup melaksanakan penyesuaian diri dengan lingkungannya
C. Membantu siswa biar sanggup mengatasi kesulitan belajar
D. Membantu siswa biar memperoleh informasi tertentu

13. Teori ini memandang mencar ilmu sebagai hasil dari pembentukan relasi antara rangsangan dari luar (stimulus) dan jawaban dari siswa (response) yang sanggup diamati. Semakin sering relasi (bond) antara rangsangan dan jawaban terjadi, maka akan semakin kuatlah relasi keduanya (law of exercise). Teori mencar ilmu yang dimaksud adalah…
A. Behaviorisme
B. Humanistik
C. Sibernetik
D. Kontruktivisme

14. Di dalam proses pembelajaran, para siswa dihadapkan dengan situasi di mana ia bebas untuk mengumpulkan data, menciptakan dugaan (hipotesis), mencoba-coba (trial and error), mencari dan menemukan keteraturan (pola), menggeneralisasi atau menyusun rumus beserta bentuk umum, mengambarkan benar tidaknya dugaannya itu. Hal ini merupakan penerapan teori belajar….
A. Sibernetik
B. Humannistik
C. Behaviorisme
D. Konstruktivisme

15. Menurut teori ini, peranan guru dalam pembelajaran ialah sebagai fasilitator, motivator, dan memperlihatkan kesadaran mengenai makna kehidupan pada siswa. Teori mencar ilmu ini berusaha memahami sikap mencar ilmu dari sudut pandang pelakunya bukan dari sudut pandang pengamatnya. Teori mencar ilmu ini ialah ….
A. Humanistik
B.  Konstruktivisme
C.  kognitivisme
D.  Nativisme

16. Pada masa sekarang siswa dituntut untuk sanggup mencar ilmu setiap ketika dan bisa terjadi di manapun. Hal ini terjadi alasannya ialah kemajuan teknologi yang memungkinkan mencar ilmu jarak jauh dalam jaringan atau online. Pernyataan diatas sejalan dengan teori mencar ilmu ….
A.  Sibernetik
B.  Konstruktivisme
C.  Behaviorisme
D.  Kognitivisme

17. Pendapat yang menyatakan bahwa pengetahuan atau pengalaman yang gres sanggup terkait dengan pengetahuan lama yang sudah ada di dalam struktur kognitif seseorang ialah teori belajar…
A. Behaviorisme
B. Konstruktivisme
C. Kognitivisme
D. Sibernatik

18. Tujuan pembelajaran yang menggambarkan proses dan hasil mencar ilmu yang diharapkan dicapai oleh penerima didik sesuai dengan kompetensinya dimuat dalam:
A. Silabus
B.  RPP
C.  Silabus dan RPP
D.  SKL

19. Komponen rancangan pelaksanaan pembelajaran terdiri dari....
A. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
B. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, indikator,materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
C. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, sumber belajar, media pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran, evaluasi
D. Identitas, kompetensi Inti, kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, metode, media pembelajaran, sumber belajar, evaluasi, langkah-langkah pembelajaran

20. Silabus dan RPP sama-sama sebagai planning proses pembelajaran, perbedaannya ialah sebagai berikut:
A. Silabus berisi kompetensi dasar sedangkan rpp mengarahkan kegiatan mencar ilmu untuk mencapai kompetensi dasar
B. Silabus bersumber dari standar isi dan standar lulusan, sedangkan RPP bersumber dari standar kompetensi lulusan
C. RPP dibentuk oleh setiap guru, sedangkan silabus dibentuk oleh tim guru
D. RPP dan silabus keduanya disusun oleh setiap satan pendidikan.

21. Salah satu prinsip dalam penyusunan planning pelaksanaan pembelajaran (RPP) adalah
A. Materi atau materi bimbing berbasis kompetensi
B.  Pembelajaran dirancang dengan berpusat pada penerima didik
C.  RPP bersumber dari silabus
D.  Alokasi waktu sesuai dengan jadwal pada setiap satuan pendidikan

22. Perhatikan beberapa komponen dari RPP untuk mata pelajaran bahasa Indonesia ialah sebagai berikut ......
Kompetensi dasar :Mengenal kegiatan bermusyawarah
Indikator : menyebutkan dua ciri kegiatan bermusyawarah
Tujuan Pembelajaran : sesudah pelaksanaan pemilihan ketua kelas siswa sanggup menyebutkan dua ciri kegiatan musyawarah dengan benar
Berdasarkan komoponen-komponen RPP tersebut prinsip dipakai adalah....
A. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
B.  Mendorong partisipasi aktif penerima didik
C.  Memperhatikan perbedaan individu penerima didik
D.  Keterkaitan dan keterpaduan

23. Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis, dan evaluasi
C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, analisis, aplikasi, evaluasi, dan, síntesis.

24. Taksonomi Anderson dan Krathwol menyempurnakan taksonomi Benjamin S. Bloom mengembangkan ranah kognitif dengan urutan berikut:
A. ingatan; pemahaman, analisis, aplikasi, sintesis, dan evaluasi;
B. ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, síntesis
C. ingatan, pemahaman, síntesis, aplikasi, analsis, dan evaluasi
D. ingatan, pemahaman, aplikasi,analisis, evaluasi, dan, mencipta.

25. Model pembelajaran yang mempunyai keunggulan antara lain; berpikir dan bertindak kreatif, memecahkan problem yang dihadapi secara realistis, merangsang perkembangan kemajuan berfikir siswa untuk menuntaskan problem yang dihadapi dengan tepat, adalah….
A. Role Playing
B. Inquiry
C. Problem Solving
D. Picture and Picture

26 Faktor yang penting dipertimbangkan guru dalam melaksanakan diskusi pemecahan problem proses pembelajaran adalah:
A. Waktu yang tersedia untuk melaksanakan diskusi
B.  Rumusan problem yang harus didiskusikan
C. Jumlah penerima didik yang mengikti pembelajaran
D.  Motivasi mencar ilmu siswa

27. Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A. Pencapaian standar kompetensi
B. Pencapaian kompetensi dasar.
C. Pencapaian tujuan pembelajaran
D. Pencapaian standar kelulusan

28. Apa yang paling sempurna dilakukan guru, bila seorang penerima didik tidak memperlihatkan jawaban atas pertanyaan yang diajukan ?
A. Menunjuk penerima didik lain untuk menjawab pertanyaan tersebut
B. Memberikan kritik biar penerima didik berusaha menjawab walaupun salah
C. Menyederhanakan isi pertanyaan biar gampang dipahami penerima didik
D. Menjawab sendiri pertanyaan tersebut.

29. Prinsip sistematis sebagai salah satu prinsip pengembangan silabus artinya ....
A. Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian materi dalam silabus sesuai dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional, dan spritual penerima didik.
B. Adanya relasi yang konsisten (ajeg, taat asas) antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian.
C. Cakupan indikator, materi pokok/pembelajaran, pengalaman belajar, sumber belajar, dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.
D. Komponen-komponen silabus saling bekerjasama secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

30. Ciri-ciri kelas yang memakai pembelajaran CTL ialah sebagai berikut, kecuali....
A. Sharing dengan teman
B. Guru kreatif
C. Pengalaman nyata
D. Menggunakan satu sumber

31. Dalam menentukan dan mengembangkan materi pembelajaran, Ibu Murni Nugroho selalu menyeleksi materi pembelajaran yang telah teruji kebenarannya, tidak ketinggalan jaman dan memperlihatkan bantuan untuk pemahaman ke depan. Kriteria penyeleksian dan pemilihan materi pembelajaran tersebut memenuhi kriteria…
A. Sahih
B. Kebermanfaatan
C. Layak dipelajari
D. Menarik minat

32. Bu Rossa menyiapkan materi pelajaran dengan cara dimulai dari materi-materi yang dikenal siswa kemudian menuju hal-hal gres dan dianggap lebih mendalam. Bentuk pengembangan materi yang disusun Bu Rossa mengikuti pola....
A. Kausal
B. Spiral
C. Kronologis
D. inquiri

33. Memilih media pembelajaran hendaknya dihentikan sembarangan tetapi harus didasarkan pada kriteria tertentu. Misalnya, apakah untuk mencar ilmu individual, kelompok kecil, kelompok besar atau massal.
Pernyataan tersebut dalam pemilihan media termasuk ke dalam kriteria...
A. tujuan   
B. sasaran didik
C. ketersediaan
D. konteks penggunaan

34.    Pada ketika mempersiapkan pembelajaran seorang guru sanggup menyusun taktik pembelajaran dan menentukan media yang akan dipakai dalam pembelajaran tersebut. Kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang pendidik terkait dengan keterampilan menentukan media pembelajaran adalah…
A.      Pendidik harus mengetahui latar sosial budaya siswa dan sekolah
B.       Pendidik harus memahami karakteristik dari media pembelajaran tersebut.
C.       Pendidik harus mengikuti keadaan dengan kemampuan sekolah.
D.      Pendidik menyesuaikan dengan materi pembelajaran.

35.    Pada ketika mempersiapkan pembelajaran seorang guru harus sanggup menentukan jenis media yang sempurna sesuai dengan materi. Di lihat dari kemampuan jangkauannya, media sanggup dibagi ke dalam..
A.      media yang mempunyai daya liput yang luas dan media yang mempunyai daya liput terbatas
B.       media yang dpat didengar saja dan media yang sanggup dilihat
C.       media tradisional dan media berbasis TIK
D.      media dua dimensi dan media tiga dimensi

36.    Di ruang media tersedia banyak sekali macam media yang sudah berdebu dan agak usang. Sebagai seorang pendidik yang kreatif, sebaiknya sanggup memanfaatkan media dan menentukan media mana yang akan digunakan. Dia mempunyai beberapa pertimbangan dalam hal ini.
Pertimbangan dalam menentukan media pembelajaran yang harus diperhatikan adalah...
A.      Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, waktu pengoperasian, biaya, ketersediaan,konteks penggunaan, dan mutu teknis.
B.       Sasaran didik, karakteristik media, waktu mengoperasikan, tujuan, misi visi sekolah dan konteks penggunaan.
C.       Tujuan, sasaran didik, karakteristik media, visi sekolah dan konteks penggunaan
D.      Kultur sekolah, tujuan, waktu pengoperasiaan dan karakteristik media

37.    Seorang guru harus bisa memanfaatkan media pembelajaran dan sumber mencar ilmu untuk mencapai tujuan pembelajaraan utuh. Pernyataan berikut yang benar terkait dengan media pembelajaran adalah: 
A.      media pembelajaran yang paling baik ialah media yang berbasis TIK
B.       sebuah media sanggup dipakai untuk semua kegiatan pembelajaran 
C.       media sanggup dipakai sebagai pembawa pesan dalam suatu kegiatan pembelajaran 
D.      menentukan media tidak perlu banyak pertimbangan biar tidak merepotkan

38.    Setiap materi pembelajaran mempunyai tingkat kesukaran yang bervariasi. Untuk memudahkan penerima didik memahami materi yang mempunyai tingkat kesukaran tinggi guru sering memanfaatkan media pembelajaran. Misalnya, media gambar atau tayangan video yang berisi sistem peredaran darah. Fungsi media pada pernyataan tersebut adalah:
A.      Menampilkan objek yang terlalu besar
B.       Membuat konkrit konsep yang abstrak
C.       Menampilkan objek yang tidak sanggup diamati dengan mata telanjang.
D.      Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.

39.    Media mempunyai fungsi dan manfaat bagi pembelajaran. Hal ini dirasakan juga oleh guru dalam membantu pembelajaran menjadi lebih efisien dan efektif. Misalnya ketika guru ingin menjelaskan suatu konsep/ objek yang luas dan besar, ia tinggal memakai medianya saja.
Berikut ini ialah salah satu fungsi dari media pembelajaran sesuai kondisi tersebut:
A.      Menampilkan objek yang terlalu besar, contohnya pasar, candi.
B.       Membawa objek yang berbahaya atau sukar didapat di dalam lingkungan belajar.
C.       Membuat konkret konsep yang abstrak, contohnya untuk menjelaskan peredaran darah.
D.      Menampilkan objek yang tidak sanggup diamati dengan mata telanjang.

40.    Seorang guru ingin membuka situs google untuk menuliskan catatan, ide, atau refleksi yang bersifat eksklusif atau untuk dibagikan secara umum. Fitur yang sanggup dimanfaatkan oleh guru tersebut adalah…
A.      book
B.       forum   
C.       blog
D.      e-portofolio

41.    Seorang guru sedang ber-googling atau membuka situs google untuk mencari informasi mengenai pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi).
Pengertian googling dalam istilah internet tersebut adalah…
A.      aktivitas mencari informasi
B.       program desktop publishing
C.       program untuk menjelajahi laman
D.      aktivitas penciptaan laman

42.    Saat kita akan informasi perihal suatu topik atau judul sanggup memakai aplikasi internet yang dikenal dengan istilah mesin pencari (search engine).
Salah satu laman yang berfungsi sebagai mesin pencari selain google adalah...
A.      www.yahoo.com
B.       www.gmail.com
C.       www.hotmail.com
D.      www.cari-data.com

43.    Seorang guru akan menciptakan media untuk menampilkan contoh surat, tabel, gambar dan banyak sekali dokumen lain. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang sanggup dipakai untuk memfasilitasi kegiatan guru tersebut adalah...
A. Microsoft Database
B. Microsoft PowerPoint   
C. Microsoft Desktop Publishing   
D. Microsoft Word

44.    Seorang guru sanggup menampilkan materi tayang yang menarik perhatihan siswa dalam pembelajaran. Program tampilan materi tayang ini difasilitasi oleh Microsoft. Aplikasi sederhana keluaran Microsoft yang sanggup dipakai untuk menciptakan materi presentasi adalah....
A.      Microsoft Database
B.       Microsoft Spread Sheet
C.       Microsoft powerpoint
D.      Microsoft Desktop Publishing

45.    pertanyaan, mengumpulkan data (informasi) dengan banyak sekali teknik, mengasosiasi/ menganalisis/mengolah data (informasi) dan menarik kesimpulan serta mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.
Langkah yang dilakukan Pak Ali itu merupakan potongan dari model pembelajaran…
A.      portofolio
B.       saintifik
C.       penemuan
D.      autentik



46.    Pak Larso melaksanakan pembelajaran dengan memakai problem sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintergrasikan pengetahuan gres berdasarkan pengalamannya, dimulai dengan memunculkan pertanyaan penuntun (a guiding question) dan membimbing penerima didik berkolaboratif yang mengintegrasikan banyak sekali subjek (materi) dalam kurikulum.
Pembelajaran yang dilakanakan oleh Pak Larso tersebut merupakan model pembelajaran ....
A.      projek based learning
B.       discovery Learning
C.       Problem Based Learning
D.      Inquiry learning

47.    Bu Rumini melaksanakan pembelajaran yang mengakomodasi semua anggota kelompok mengungkapkan pendapat, ide, dan tanggapan terhadap skenario secara bebas, sehingga dimungkinkan muncul banyak sekali macam alternatif pendapat.
Kegiatan yang dilakukan Bu Rumini tersebut merupakan implementasi model pembelajaran ....
A.      Project based learning
B.       inquiry learning
C.       Discovery learning
D.      problem based learning

48.    Berikut ini merupakan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran project based learning :
1)        Penentuan Pertanyaan Mendasar,
2)        Mendesain Perencanaan Proyek,
3)        Menyusun Jadwal (Create a Schedule),
4)        Memonitor penerima didik dan kemajuan proyek (Monitor the Students and the Progress of the Project),
5)        Menguji Hasil (Assess the Outcome),
6)        Mengevaluasi Pengalaman (Evaluate the Experience).
Urutan yang benar ialah ....
A.      1-2-3-4-5-6
B.       1-3-2-4-5-6
C.       1-3-2-5-6-4
D.      1-2-3-5-4-6

49.    Perhatikan langkah-langkah kegiatan pembelajaran yang masih acak berikut ini!
1)        Mengorganisasi siswa dalam belajar
2)        Orientasi siswa pada masalah
3)        Membimbing penyelidikan siswa secara sanggup bangkit diatas kaki sendiri atau kelompok
4)        Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Jika langkah-langkah tersebut disusun mengikuti urutan model pembelajaran Problem Based Learning, urutan langkah yang sempurna ialah ....
A.      1-2-3-4
B.       2-3-1-4
C.       3-2-1-4
D.      2-3-1-4

50.        Kriteria keberhasilan mencar ilmu siswa ditentukan dengan memakai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). KKM ialah rata-rata setiap unsur dari kriteria yang ditentukan. Untuk menentukan KKM diharapkan faktor-faktor….
A.      Kompleksitas indikator, daya dukung, dan kemampuan guru
B.       Kemampuan guru, sarana/prasarana, dan intake siswa
C.       Kompleksitas indikator, daya dukung, dan intake siswa
D.      Kemampuan guru, tingkat kesulitan kompetensi dasar, dan intake siswa

51.    Fungsi KKM ialah sebagai berikut, kecuali....
A.      sebagai contoh penerima didik dalam menyiapkan diri mengikuti penilaian mata pelajaran
B.       merupakan sasaran satuan pendidikan dalam pencapaian kompetensi tiap mata pelajaran
C.       dapat dipakai sebagai potongan dari komponen dalam melaksanakan penilaian aktivitas pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah.
D.      Sebagai kegiatan pengambilan keputusan yang sanggup dilakukan melalui metode kualitatif atau kuantitatif.

52.    Fungsi indikator dijadikan sebagai penanda dalam….
A.      Pencapaian standar kompetensi
B.       Pencapaian kompetensi dasar.
C.       Pencapaian tujuan pembelajaran
D.      Pencapaian standar kelulusan

53.    Untuk menentukan tindak lanjut pembelajaran, tindakan yang perlu dilakukan guru adalah;
A.      Menilai tingkat pencapaian hasil mencar ilmu siswa
B.       Menambah materi pelajaran baru
C.       Mengetahui jumlah siswa yang tidak akan mengikuti aktivitas tindak lanjut
D.      Memilih waktu yang sempurna untuk melaksanakan aktivitas tindak lanjut

54.    Instrumen yang diguanakan untuk menilai sikap siswa dalam proses pembelajaran adalah:
A.      Pedoman observasi
B.       Kuesioner
C.       Pedoman wawancara
D.      Tes hasil belajar

55.    Sebelum guru menyusun soal-soal untuk menilai hasil mencar ilmu penerima didik, manakah yang pertama kali harus dipelajari:
A.      Buku sumber yang digunakan
B.       Kurikulum dan silabus
C.       Indikator pencapaian kompetensi
D.      Kemampuan awal siswa

56.    Salah satu prinsip dalam penilaian hasil mencar ilmu penerima didik ialah penilaian harus terpadu artinya:
A.      penilaian berdasarkan data yang mencerminkan kemampuan yang harus diukur
B.       penilaian merupakan potongan yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran
C.       penilian berdasarkan kriteria yang terang perihal kompetensi yang harus dicapai
D.      penilaian harus berkesinambungan oleh pendidik untuk semua aspek kompetensi

57.    Instrumen penilaian hasil mencar ilmu yang dipakai pendidik harus memenuhi persayaratan berikut, kecuali:
A.      Konstruksi butir soal memenuhi persayaratan yang sesuai dengan bentuk tes yang digunakan
B.       Substansi yang diukur mempresentasiukan kompetensi yang dinilai
C.       Bahasa yang dipakai komukinatif sesuai dengan taraf perkembangan penerima didik
D.      Digunakan untuk ulangan tengah semester dan ulangan selesai semester

58.    Untuk mengetahui prestasi mencar ilmu yang dicapai oleh semua penerima didik pada satu rombongan mencar ilmu sanggup dilakukan dengan menghitung nilai;
A.      Mean
B.       Modus
C.       Median
D.      Simpangan baku

59.    Standar penilaian pendidikan merupakan contoh bagi guru dalam melaksanakan
A.      Penilaian hasil mencar ilmu penerima didik
B.       Penilaian proses pembelajaran yang dilakukan guru
C.       Penilaian silabus dan RPP
D.      Penilaian standar kompetensi lulusan

60.    Penilaian ialah penafsiran hasil pengukuran dan penentuan pencapaian hasil belajar. Penilaian sanggup berupa hasil mencar ilmu penerima didik yang tidak dipengaruhi oleh kepentingan penilai, perbedaan latar belakang agama, sosial-ekonomi, budaya, bahasa, gender, dan relasi emosional. Cara penilaian tersebut mengacu pada aspek penilaian….   
A.      Objektivitas.
B.       Transparan
C.       Bermakna
D.      Menyeluruh

61.    Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan mencar ilmu optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A.      Memberikan pemanis materi berupa sumber bimbing dari pengarang yang berbeda
B.       memberikan test pemanis dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C.       memberikan pemanis sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D.      diberikan materi materi bimbing yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang mempunyai kesulitan tinggi

62.    Dasar rancangan aktivitas remidi bagi penerima didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan mencar ilmu ….
A.      proses pengajaran remedial intinya ialah proses mencar ilmu mengajar biasa
B.       tujuan pengajaran remedial ialah sama dengan test diagnostik
C.       sasaran terpenting pengajaran remidial ialah peningkatan kecerdasan siswa
D.      taktik yang dipilihhanya berbentuk test ulang

63.    Salah satu prinsip merancang aktivitas remidial bagi penerima didik tampak dalam kegiatan guru….
A.      Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa penerima remedial
B.       Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibentuk dengan memperhatikan hasil temuan analisis penilaian mencar ilmu siswa
C.       Menggunakan rancangan pembelajaran gres yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D.      merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan klarifikasi materi

64.  Kriteria ketuntasan minimal (KKM) merupakan kriteria ketuntasan mencar ilmu yang ditentukan oleh sekolah, pada prinsipnya merupakan:
A.   Nilai batas ambang kompetensi
B.   Nilai minimal yang dicapai penerima didik
C.   Nilai maksimal yang dicapai penerima didik
D.   Nilai batas ambang kelulusan ujian sekolah

65.    Penilaian portofolio sanggup dilaksanakan dengan cara ….
A.      Memberikan penilaian menyeluruht erhadap tugas-tugas siswa
B.       Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil test harian dan sumatif tiap siswa
C.       Mengumpulkan hasil kerja masing-masing siswa yang telah diberikan masukan baik oleh guru dan rekan siswa dalam suatu album sebagai bukti hasil belajar
D.      Mengumpulkan lembaran-lembaran jawaban hasil ulangan tiap siswa untuk melihat kesulitan siswa dalam memahami pokok bahasan tertentu dan kemudian diberikan pengajarandan test remedial

66.    Penilaian hasil mencar ilmu siswa didasarkan pada karya siswa dan kiprah siswa, kemampuan dalam proses pembelajaran dan hasil post test disebut ....
A.  Konstruktivisme
B.  Authentic assesment
C.  Efektif
D.  kondusif

67.    Pendekatan tes ini memakai norma yang disusun secara relatif berdasarkan distribusi skor yang dicapai oleh para pengikut dalam suatu tes. Dengan demikian maka skor standar yang dicapai oleh seseorang yang didasarkan atas norma relatif ini (PAN) mencerminkan status individu di dalam kelompok.
Pendekatan tes yang dimaksud adalah….
A.      Penilaian berkelanjutan
B.       penilaian menyeluruh
C.       penilaian contoh patokan
D.      penilaian contoh norma

68.    Kurikulum 2013 memakai pendekatan penilaian yang disebut dengan istilah penilaian contoh kriteria (PAK). PAK merupakan penilaian pencapaian kompetensi yang didasarkan pada kriteria ketuntasan minimal (KKM). KKM merupakan kriteria ketuntasan mencar ilmu minimal yang ditentukan oleh satuan pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik Kompetensi Dasar yang akan dicapai, daya dukung, dan karakteristik penerima didik.
Dengan demikian, Kurikulum 2013 memakai pendekatan penilaian yang didasarkan pada pendekatan ....
a.         Penilaian berkelanjutan
b.        Penilaian autentik
c.         Penilaian contoh patokan
d.        Penilaian contoh norma

69.    Menggambarkan sejauh mana seorang penerima didik telah menguasai suatu kompetensi, merupakan…
A.      tujuan penilaian
B.       prinsip penilaian
C.      fungsi penilaian
D.      hasil penilaian

70.    Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai seorang/sekelompok penerima didik untuk ditingkatkan dalam pembelajaran remidial dan aktivitas pengayaan merupakan….
A.      prinsip penilaian
B.       tujuan penilaian
C.       fungsi penilaian
D.      bentuk penilaian.

71.    Assesment hasil mencar ilmu penerima didik harus memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut, kecuali:
A.      objektif
B.       adil
C.      kooperatif
D.      terpadu.

72.    Penilaian yang didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan yang diukur, hal tersebut merupakan prinsip penilian yang:
A.      adil
B.       objektif
C.      valid
D.      sistematis

73.    Penilaian yang sanggup dipertanggungjawabkan, baik dari segi teknik, prosedur, maupun hasilnya, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A.      adil
B.       akuntabel
C.       valid
D.      sistematis

74.    Penilaian yang dilakukan secara berencana dan sedikit demi sedikit dengan mengikuti langkah-langkah yang baku, hal tersebut merupakan prinsip penilaian yang…
A.      adil
B.       objektif
C.       valid
D.      sistematis

75.    Di bawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan assesmen hasil mencar ilmu penerima didik, kecuali….
A.      ditujukan untuk mengukur pencapaian kompetensi
B.       menggunakan contoh kriteria berdasarkan pencapaian kompetensi
C.       ditindaklanjuti dengan aktivitas remedial dan pengayaan
D.      dilakukan pengulangan bila ternyata alhasil banyak yang jelek

76.  Program pembelajaran remedial hendaknya memungkinkan penerima didik untuk mencar ilmu sesuai dengan kecepatan, kesempatan, dan gaya mencar ilmu masing-masing. Pembelajaran remedial harus mengakomodasi perbedaan individual penerima didik.Pernyataan di atas termasuk salah prinsip yang perlu diperhatikan dalam pembelajaran remedial, yaitu...
A.      Fleksibilitas
B.       Interaktif
C.      Adaptif
D.      Kesinambungan

77.  Berdasarkan data hasil penilaian pembelajaran perihal memahami teks anekdot ternyata alhasil tidak maksimal. Dari 30 siswa dinyatakan belum tuntas sejumlah 15 sehingga mengikuti aktivitas remidial. Sedangkan yang dinyatakan tuntas sejumlah 15 orang mengikuti aktivitas pengayaan. Kegiatan pengayaan untuk 15 siswa sanggup dilakukan oleh guru dengan cara...
A.      Mengadakan pendalaman materi terkait dengan KD tersebut
B.       Digabung dengan siswa yang belum tuntas ikut remedial
C.       Melanjutkan materi pada KD selanjutnya
D.      Memberi kiprah mengerjakan Lembar Kerja Siswa

78.  Upaya merancang pengayaan bagi perserta didik yang mencapai ketuntasan mencar ilmu optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut:
A.      Memberikan pemanis materi berupa sumber bimbing dari pengarang yang berbeda
B.       memberikan test pemanis dengan tingkat kesukaran lebih tinggi
C.       memberikan pemanis sumber bacaan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument testnya yang sesuai
D.      diberikan materi materi bimbing yang lebih tinggi tingkatannya dan mengerjakan soal-soal yang mempunyai kesulitan tinggi

79.  Dasar rancangan aktivitas remidi bagi penerima didik yang capaian prestasinya di bawah ketuntasan mencar ilmu ….
A.      proses pengajaran remedial intinya ialah proses mencar ilmu mengajar biasa
B.       tujuan pengajaran remedial ialah sama dengan test diagnostik
C.      sasaran terpenting pengajaran remidial ialah peningkatan kecerdasan siswa
D.      taktik yang dipilihhanya berbentuk test ulang

80.    Salah satu prinsip merancang aktivitas remidial bagi penerima didik tampak dalam kegiatan guru ….
A.      Membuat rancangan pembelajaran khusus untuk siswa penerima remedial
B.       Menggunakan rancangan pembelajaran yang telah dibentuk dengan memperhatikan hasil temuan analisis penilaian mencar ilmu siswa
C.       Menggunakan rancangan pembelajaran gres yang berbeda sama sekali dengan rancangan yang ada.
D.      merancang test ulang saja tanpa ada pengulangan klarifikasi materi

81.  Agar sanggup menyusun hipotesis tindakan dengan tepat, Anda sanggup melaksanakan kegiatan-kegiatan. Salah satu kegiatan itu ialah pengkajian teoretik di bidang pembelajaran/pendidikan.Pernyataan tersebut merupakan kegiatan PTK pada langkah ...
A.      merumuskan masalah
B.       mengidentifikasi masalah
C.      Merancang PTK dengan mengajukan hipotesis tindakan
D.      menyusun proposal penelitian

82.    Mengetahui proses tindakan, efek tindakan (yang disengaja dan tak sengaja), (c) keadaan dan hambatan tindakan, (d) bagaimana keadaan dan hambatan tersebut menghambat atau mempermudah tindakan dan pengaruhnya merupakan kegiatan PTK pada langkah ….
A.      refleksi
B.       observasi
C.       perencanaan
D.      pelaksanaan

83.    Model rancangan PTK terletak pada alur pelaksanaan tindakan yang dilakukan. Hal ini sekaligus menjadi penanda atau ciri khusus yang membedakan PTK dengan jenis penelitian lain. Adapun alur penelitian tindakan yang dimaksud ialah ….
A.      A. observasi --> refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan
B.       refleksi --> perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi
C.       perencanaan --> observasi --> pelaksanaan tindakan --> refleksi
D.      perencanaan --> pelaksanaan tindakan --> observasi --> refleksi

84.    Rumusan problem dalam PTK berikut, yang mana paling sempurna disebut sebagai rumusan problem PTK?
A.      Apakah efek permainan kiprah sanggup meningkatkan keaktifan siswa kelas XI Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali?
B.       Bagaimana cara meningkatkan kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan melalui metode tanya jawab dalam pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas XI IPA 2?
C.       Mengapa siswa Sekolah Menengan Atas Negeri 2 Boyolali selalu menjadi juara dalam banyak sekali perlombaan nasional?
D.      Bagaimana cara memakai alat peraga yang berasal dari lingkungan sekitar sekolah?

85.    Dalam Penelitian tindakan kelas, problem yang diteliti berasal dari ....
A.      kerisauan guru akan kinerjanya di kelas yang diajar
B.       keriasauan pendidik akan mutu pendidikan
C.       keinginan untuk membantu guru
D.      kepedulian peneliti akan kinerja guru

86.    Di bawah ini ialah prinsip-prinsip penelitian tindakan kelas (PTK) berdasarkan Suharsimi Arikunto, kecuali….
A.      Kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja
B.       Kegiatan yang direkayasa
C.       Perencanaan
D.      Upaya empiris dan sistematis

87.    Pola perencanaan-pelaksanaan-observasi-refleksi secara sedikit demi sedikit dan terus-menerus merupakan karakteristik PTK dalam hal….
A.      Pengumpulan data
B.       Menganalisis masalah
C.       Mencapai tujuan
D.      Menentukan ruang lingkup

88.    Peran guru dalam PTK ialah sebagai…
A.      Guru
B.       Peneliti
C.      Guru dan Peneliti
D.      Objek Penelitian

89.    Berikut ini kegiatan PTK pada tahap pertengahan tindakan, kecuali….
A.      Pelaksanaan tindakan
B.       Observasi dan intepretasi
C.       Diskusi balikan
D.      Analisis data

90.    Tujuan PTK adalah…
A.      Perbaikan KBM
B.       Menyusun teori baru
C.       Memperbaiki teori
D.      Menyusun generalisasi

91.    Merenungkan kembali tindakan perbaikan dan dampaknya serta mencari jalan keluar untuk tindak lanjut PTK merupakan…
A.      Analisis
B.       Refleksi
C.       Observasi
D.      Diskusi

92.    Latar belakang, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian harus menjadi potongan dari PTK khususnya pada bagian….
A.      Kesimpulan
B.       Prosedur penelitian
C.      Pendahuluan
D.      Metodologi penelitian

93.    Persiapan awal dalam PTK adalah…
A.      Menyiapkan cara wawancara
B.       Membuat analisis kelayakan hipotesis
C.      Membuat planning (perbaikan) pembelajaran dan skenarionya
D.      Menyiapkan fasilitas dan sarana

94.    Proposal penelitian dalam PTK adalah….
A.      Usulan untuk mendapat dana penelitian
B.       Uraian perihal komponen-komponen yang harus dilakukan guru
C.       Uraian projek penelitian pendidikan
D.      Perencanaan sistematik untuk melaksanakan PTK

95.    Berikut ini langkah-langkah dalam tahap perencanaan tindakan dalam PTK, kecuali…
A.      Formulasi solusi dalam bentuk hipotesis tindakan
B.       Analisis kelaikan hipotesis tindakan
C.       Persiapan tindakan
D.      Observasi dan inperetasi.

96.  Kegiatan yang harus dilakukan sesudah pembelajaran adallah melaksanakan refleksi. Refleksi ini tidak hanya dilaksanakan pendidik saja, tetapi juga oleh penerima didik. Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran bagi penerima didik adalah....
A.      untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pendidik dalam pembelajaran
B.       untuk mencapai kepuasaan diri penerima didik memperoleh wadah yang sempurna dalam menjalin komunikasi positif dengan pendidik.
C.       untuk meningkatkan motivasi mencar ilmu penerima didik dalam mengikuti pembelajaran selanjutnya
D.      untuk mencapai kepuasaan diri pendidik memperoleh wadah yang sempurna dalam menjalin komunikasi positif dengan penerima pendidik.

97.  Kegiatan yang harus dilakukan sesudah pembelajaran ialah melaksanakan refleksi. Tujuan dilakukan refleksi pembelajaran bagi pendidik antara lain ialah ….
A.      Untuk menganalisis tingkat keberhasilan proses dan hasil mencar ilmu penerima didik
B.       Untuk melaksanakan penilaian diri terhadap hasil mencar ilmu yang telah dilakukan
C.       untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kegagalan pembelajaran
D.      Untuk mengembangkan model pembelajaran sesuai dengan mata pelajaran yang diampu

98.  Kegiatan refleksi merupakan kegiatan terakhir dari pelaksanaan pembelajaran. Pada kegiatan inilah guru akan sanggup mengetahui berhasil tidaknya planning pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan refleksi dilakukan dengan memperhatikan beberapa prinsip, diantaranya ialah ....
A.      Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran
B.       Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C.       Penilaian dilaksanakan di selesai pembelajaran
D.      Penilaian dilaksanakan semenjak awal pembelajaran hingga selesai pembelajaran

99. Refleksi terhadap pembelajaran mutlak harus dilakukan oleh pendidik untuk meningkatkan mutu pembelajaran dan meningkatkan kinerjanya sendiri dengan memperhatikan beberapa prinsip, di antaranya ialah ….
A.      Penilaian dilaksanakan di selesai pembelajaran
B.       Ada kesadaran pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
C.       Penilaian oleh penerima didik dilakukan dengan sangat kritis
D.      Hasil penilaian pendidik dijadikan masukan oleh pendidik untuk perbaikan pembelajaran

100.Untuk mengetahui keberhasilan mencar ilmu penerima didik, baik selama maupun sesudah penerima didik mengikuti pembelajaran tertentu sanggup dilihat melalui pengamatan keaktifan penerima didik dalam bekerjasama atau wawancara perihal kesulitan-kesulitan yang dihadapi penerima didik selama mengikuti pembelajaran.Pertanyaan-pertanyaan yang sanggup menjelaskan memperlihatkan klarifikasi tetang hasil wawancara atau pengamatan diantaranya ialah ...
A. Mengapa penerima didik tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran?
B. Bagaimanakah proses pembelajaran yang dilakukan biar efektif?
C. Apakah kompetensi awal penerima didik untuk mengikuti pembelajaran memadai?
D. Mengapa penerima didik kita memperlihatkan respon negatif atas pelaksanaan pembelajaran yang kita lakukan

Berikut ini link download Prediksi Soal Pretest PPG/ PPGJ Tahap 2 Tahun 2018 dan Pedagodik beserta Kunci Jawabanr

Soal Pretest PPGJ SD Kelas Bawah Tahun 2018

Prediksi Soal Pretest PPG-UKG Model A, Unduh Soal
Prediksi Soal Pretest PPG-UKG Model B, Unduh Soal
Prediksi Soal Pretest PPG-UKG Model C, Unduh Soal
Soal Pretest PPG 2018 Pedagodik, Unduh Soal

Demikian Soal Pretest PPG/ PPGJ Tahap 2 Tahun 2018 yang sanggup saya bagikan, semoga bermanfaat dan sukses.
Sumber http://www.websiteedukasi.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser