-->
Modul Taktik Literasi Dalam Pembelajaran Smp Tahun 2018

Modul Taktik Literasi Dalam Pembelajaran Smp Tahun 2018

Modul Taktik Literasi Dalam Pembelajaran Smp Tahun 2018

Modul Strategi Literasi Dalam Pembelajaran SMP Tahun 2018 - Halo teman Big Scholars, pada postingan ini aku akan berbagi Modul Strategi Literasi Dalam Pembelajaran jenjang SMP/MTs Tahun 2018 yang bisa anda unduh secara gratis.

Satgas GLS Ditjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menerbitkan Strategi Listerasi dalam Pembelajaran di SMP (SMP) dengan Materi Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013 Edisi II Tahun 2018.

Materi penyegaran Kurikulum 2013 ini merupakan edisi II (2018) dengan beberapa penambahan dan penyempurnaan. Seperti halnya edisi I yang terbit tahun 2017, materi ini dilengkapi dengan materi presentasi dan alat bantu berwujud pengatur grafis pada bab selesai yang memandu acara penerima untuk mendalami dan mengimplementasi taktik literasi dalam pembelajaran. Semua  perangkat  ini  dibutuhkan sanggup memandu pelatih dan pemangku kepentingan di jenjang nasional, provinsi, kabupaten/kota, dan sekolah dalam pelaksanaan, pengembangan, dan penguatan taktik literasi dalam pembelajaran.


Tujuan penyusunan materi penyegaran Strategi Literasi Dalam Pembelajaran di SMP Tahun 2018 yaitu untuk:

  1. Memberikan wangsit kepada penerima training untuk memanfaatkan bermacam-macam sumber belajar, termasuk buku-teks-pelajaran dan buku-nonteks-pelajaran dalam pembelajaran.
  2. Memandu penerima training memakai taktik literasi dalam pembelajaran guna mengembangkan karakter, meningkatkan keterampilan berliterasi, dan meningkatkan kompetensi.


Masalah Dalam Pembelajaran di SMP Tahun Pelajaran 2018/2019

Masalah 1
Pengembangan kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berliterasi khususnya mengembangkan minat baca belum berjalan secara optimal di sekolah alasannya beberapa guru mempunyai pemahaman berbeda atau kurang memadai perihal literasi. Guru seharusnya sanggup menjadi teladan yang baik bagi siswanya. Saat guru meminta siswa membaca, guru pun juga perlu membaca untuk memberi referensi yang baik bagi siswanya. Tradisi literasi (kemampuan komunikasi yang artikulatif secara verbal dan goresan pena serta kemampuan menyerap isu melalui teks) juga belum tumbuh secara koheren dalam diri beberapa guru.

Masalah 2
Upaya untuk menyosialisasikan dan meningkatkan keterampilan berliterasi di sekolah belum membuahkan hasil yang optimal alasannya kurangnya pendampingan dan training untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan literasi guru. Materi asuh dan teks yang tersedia di sekolah belum dimanfaatkan secara optimal untuk mengembangkan keterampilan berliterasi siswa. Selain itu, taktik literasi dalam pembelajaran belum diterapkan secara optimal.

Solusi
Guru perlu memahami bahwa upaya pengembangan literasi tidak berhenti saat siswa sanggup membaca dengan lancar  dan mempunyai minat baca  yang baik sebagai hasil dari adaptasi budaya literasi. Pengembangan literasi perlu terjadi pada pembelajaran di semua mata pelajaran melalui upaya untuk mengembangkan aksara serta meningkatkan kompetensi berpikir tingkat tinggi. Para guru perlu mengoptimalkan taktik literasi dalam pembelajarannya. Pengembangan kemampuan literasi di sekolah akan membantu meningkatkan kemampuan berguru siswa. Penggunaan teks dan/atau materi asuh yang bervariasi, disertai dengan perencanaan yang baik dalam kegiatan pembelajaran dibutuhkan sanggup meningkatkan keterampilan berliterasi siswa.

Selengkapnya, bagi bapak/ibu guru yang belum memiliki Modul Strategi Literasi Dalam Pembelajaran di SMP/MTs Tahun 2018 bisa mengunduhnya melalui tautan link yang aku sematkan di bawah ini.

Modul Strategi Literasi Dalam Pembelajaran di SMP 2018.pdf, Unduh
Modul Strategi Literasi Dalam Pembelajaran di SMP 2018.docx, Unduh

Demikian Modul Strategi Literasi Dalam Pembelajaran jenjang SMP Tahun 2018 atau tahun pelajaran 2018/2019 yang sanggup aku bagikan, biar bermanfaat.

Sumber http://www.websiteedukasi.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser