-->
Pengertian Planet, Macam-Macam Planet, Ciri-Ciri Planet Lengkap!

Pengertian Planet, Macam-Macam Planet, Ciri-Ciri Planet Lengkap!

Pengertian Planet, Macam-Macam Planet, Ciri-Ciri Planet Lengkap!

Pengertian Planet

Pengertian planet yaitu benda langit yang mengorbit atau mengelilingi bintang dengan lintasan dan mempunyai kecepatan tertentu. Contoh : Bumi mengelilingi Matahari. Planet merupakan cuilan dari anggota tata surya yang mempunyai beberapa ciri tertentu. Planet yang mengelilingi matahari secara penuh dalam satu putaran disebut revolusi. Waktu yang diperlukan planet untuk satu kali revolusi disebut satu tahun planet atau kala revolusi.

Bukan hanya revolusi, planet yang mengelilingi atau mengorbit pada porosnya disebut rotasi. Waktu yang diperlukan planet untuk satu kali rotasi disebut kala rotasi. Setiap planet mempunyai lintasan maya berbentuk elips yang disebut orbit. Hal tersebut menciptakan planet untuk tidak bertabrakan satu sama lain. Setiap planet yang tetap pada orbitnya disebabkan lantaran efek gaya gravitasi Matahari. Semakin jauh jarak planet tersebut dari Matahari maka orbit planet menjadi semakin panjang.

Pengertian planet yaitu suatu bintang yang sanggup berpindah dan mempunyai letak yang berubah-ubah. Hal ini disebabkan lantaran planet bergerak mengelilingi matahari. Planet tidak sanggup memancarkan cahaya menyerupai bintang dan matahari. Cahaya yang dipancarkan planet berasal dari cahaya matahari yang dipantulkannya, sehingga pada malam hari planet yang terdapat di langit sanggup dilihat dengan mata telanjang, hal ini lantaran planet-planet tersebut tampak terang menyerupai bintang.
 Pengertian planet yaitu benda langit yang mengorbit atau mengelilingi bintang dengan lin Pengertian Planet, Macam-Macam Planet, Ciri-Ciri Planet Lengkap!


Setiap planet mempunyai lintasan orbitnya masing-masing. Lintasan orbit yang terdapat di setiap planet hampir berbentuk menyerupai lingkaran. Pada awal kala ke 17, Johanes Kepler mengambarkan kalau lintasan orbit dari planet-planet yang terdapat di tata surya mempunyai bentuk lonjong atau elips dan letak matahari yang berada pada salah satu titik fokus elips.

Planet-planet yang terdapat dalam tata surya, antara lain : Merkurius, Mars, Bumi, Yupiter, Neptunus, Venus, Saturnus, Uranus, dan Pluto. Berdasarkan jaraknya dengan matahari, Merkurius dan Venus disebut planet dalam atau inferior, sedangkan Planet Saturnus, Yupiter, Mars, Uranus, dan Pluto disebut planet luar atau superior. Bumi merupakan pembatas yang memisahkan kedua kelompok ini. Untuk lebih jelasnya, berikut ciri-ciri planet dan macam-macam planet.


Planet Dalam dan Planet Luar
Adapun planet yang terdapat dalam tata surya terbagi menjadi 2 kelompok yaitu planet dalam yang terdiri atas Merkurius, Mars, Venus, dan Bumi. Sedangkan planet luar antara lain Uranus, Yupiter, Saturnus, dan Neptunus. Berikut ciri-ciri planet dalam dan planet luar.

 Pengertian planet yaitu benda langit yang mengorbit atau mengelilingi bintang dengan lin Pengertian Planet, Macam-Macam Planet, Ciri-Ciri Planet Lengkap!
  1. Ciri-Ciri Planet Dalam
    1) Memiliki permukaan yang padat.
    2) Tidak mempunyai cincin.
    3) Mempunyai satelit yang sedikit.
    4) Terbentuk dari logam dan batu.
  2. Ciri-Ciri Planet Luar
    1) Mempunyai cincin dan atmosfer yang tebal.
    2) Memiliki banyak satelit.
    3) Terbentuk dari hidrogen dan helium.


Macam-Macam Planet dan Ciri-Ciri Planet

 Pengertian planet yaitu benda langit yang mengorbit atau mengelilingi bintang dengan lin Pengertian Planet, Macam-Macam Planet, Ciri-Ciri Planet Lengkap!
Setelah mengetahui apa itu pengertian planet, berikut macam-macam planet serta ciri-ciri planet.
  1. Planet Merkurius
  2.  Pengertian planet yaitu benda langit yang mengorbit atau mengelilingi bintang dengan lin Pengertian Planet, Macam-Macam Planet, Ciri-Ciri Planet Lengkap!
    Nama planet Merkurius berasal dari nama yang kuasa kurir kerajaan Romawi. Planet Merkurius merupakan planet yang terletak paling bersahabat dengan Matahari, hal ini yang menciptakan suhu permukaan planet Merkurius pada siang hari mencapai 400 derajat celcius dan malam hari turun sampai 180 derajat celcius. Pengertian planet Merkurius yaitu planet terkecil, namun mempunyai berat yang hampir sama dengan bumi. Hal ini lantaran Planet Merkurius merupakan planet yang tersusun dari besi yang sangat besar sampai berdiameter 3.600 km. Waktu yang paling sempurna apabila ingin mengamati Planet Merkurius yaitu ketika menjelang pagi atau senja.

    Ciri-Ciri Planet Merkurius
    1) Kala revolusi 88 hari.
    2) Kala rotasi 58,64 hari.
    3) Suhu rata-rata 167 derajat celcius.
    4) Memiliki diamater 4.879 km.
    5) Tidak mempunyai satelit.
    6) Tidak mempunyai cincin.
    7) Jarak rata-rata dari Matahari 57,9 juta km.
  3. Planet Venus
  4.  Pengertian planet yaitu benda langit yang mengorbit atau mengelilingi bintang dengan lin Pengertian Planet, Macam-Macam Planet, Ciri-Ciri Planet Lengkap!
    Nama planet Venus berasal dari nama dewi cinta dan kecantikan bangsa Romawi. Planet Venus juga dikenal dengan sebutan bintang sore atau bintang kejora. Disebut dengan bintang sore atau bintang kejora lantaran Venus sanggup diamati pada ketika petang hari dan sebelum matahari terbit. Venus terlihat menyerupai bintang pada waktu langit malam, hal ini lantaran Venus mempunyai lapisan atmosfer yang tebal dan memantulkan sinar matahari. Planet Venus yaitu planet terpanas, karea mempunyai suhu yang sanggup mencapai lebih dari 470 derajat celcius. Planet Venus yaitu satu-satunya planet yang arah berputarnya searah jarum jam.

    Ciri-Ciri Planet Venus
    1) Kala revolusi 224,7 hari.
    2) Kala rotasi 243 hari.
    3) Memiliki diamater 12.104 km.
    4) Jarak rata-rata dan matahari 108,2 juta km.
    5) Tidak mempunyai cincin.
    6) Matahari terbit dari barat, disebabkan lantaran arah rotasi Planet Venus dari timur ke barat.
    7) Tidak mempunyai satelit.
    8) Suhu rata-rata 464 derajat celcius.
    9) Planet Venus yaitu planet terpanas dan ditutupi awan tebal karbondioksida. Apabila ada radiasi dari matahari, maka radiasi tersebut sulit untuk keluar.
  5. Planet Bumi
  6.  Pengertian planet yaitu benda langit yang mengorbit atau mengelilingi bintang dengan lin Pengertian Planet, Macam-Macam Planet, Ciri-Ciri Planet Lengkap!
    Pengertian planet Bumi yaitu planet yang sanggup dihuni. Planet Bumi mempunyai suhu yang relatif tetap. Sehingga suhu yang tetap tersebut sanggup menjaga semoga air tetap tersedia dan menjaga banyak sekali organisme yang merupakan penghasil oksigen untuk tetap hidup. Ketebalan atmosfer Bumi mencapai 700 km yang sebagian besar yaitu oksigen dan nitrogen. Sekitar lebih dari 70% permukaan Bumi yaitu air.

    Ciri-Ciri Planet Bumi
    1) Kala revolusi 365, 242 hari.
    2) Kala rotasi 23 jam 57 menit.
    3) Jarak rata-rata dari Matahari 149, 6 juta km.
    4) Tidak mempunyai cincin.
    5) Memiliki diamater 12.756,3 km.
    6) Planet Bumi yaitu sumber kehidupan yang cocok bagi tersedianya oksigen dan air.
    7) Mempunyai 1 satelit.
    8) Suhu rata-rata 15 derajat celcius.
    9) Memiliki warna biru, lantaran terdapat partikel udara di atmosfer yang sanggup memantulkan cahaya berwarna biru.
  7. Planet Mars
  8.  Pengertian planet yaitu benda langit yang mengorbit atau mengelilingi bintang dengan lin Pengertian Planet, Macam-Macam Planet, Ciri-Ciri Planet Lengkap!
    Nama planet Mars berasal dari nama yang kuasa perang dan legenda bangsa Romawi. Planet Mars dijuluki planet merah. Hal ini lantaran permukaan Planet Mars yang mempunyai warna merah lantaran besarnya berkarat pada seluruh permukaan Planet Mars tersebut. Permukaan planet Mars terdiri dari gunung berapi berukuran besar, sungai kering, lembah, dan lapisan es. Planet Mars mempunyai dua satelit berukuran kecil, yaitu Phobos dan Deimos.

    Ciri-Ciri Planet Mars
    1) Kala revolusi 11 tahun 10 bulan 3 hari.
    2) Kala rotasi 9 jam 56 menit.
    3) Memiliki 2 satelit.
    4) Tidak mempunyai cincin.
    5) Tersusun dari karbondioksida yang tipis.
    6) Suhu rata-rata -65 derajat celcius.
    7) Memiliki diameter 6.794 km.
    8) Jarak rata-rata dari Matahari 227,9 juta km.
  9. Planet Yupiter
  10.  Pengertian planet yaitu benda langit yang mengorbit atau mengelilingi bintang dengan lin Pengertian Planet, Macam-Macam Planet, Ciri-Ciri Planet Lengkap!
    Planet Yupiter sering disebut dengan Planet Zeus yang berasal dari nama raja yang kuasa bangsa Yunani kuno. Pengertian planet Yupiter yaitu planet paling besar dalam tata surya. Planet Yupiter berdiameter sekitar 11 kali dari diameter Bumi serta mempunyai berat dua kali dari jumlah berat seluruh planet dalam tata surya. Permukaan Planet Yupiter diselimuti oleh awan tebal yang sebagian besar terbentuk dari gas helium dan hidrogen. Planet Yupiter mempunyai gaya tarik yang sangat besar, sehingga sanggup mengubah hidrogen menjadi cair. Sedangkan inti Planet Yupiter mempunyai tekanan yang besar sehingga sanggup mengubah hidrogen menjadi logam padat.

    Ciri-Ciri Yupiter
    1) Kala revolusi 29, 42 tahun.
    2) Kala rotasi 10 jam 40 menit.
    3) Memiliki diameter 139.822 km.
    4) Dapat memantulkan 70% cahaya matahari.
    5) Jarak rata-rata dari Matahari 778,3 juta km.
    6) Memiliki cincin.
    7) Suhu rata-rata 50 derajat celcius.
    8) Memiliki 16 satelit.
    9) Memiliki gas yang terdiri dari 90% Hidrogen dan 10% Helium.
  11. Planet Saturnus
  12.  Pengertian planet yaitu benda langit yang mengorbit atau mengelilingi bintang dengan lin Pengertian Planet, Macam-Macam Planet, Ciri-Ciri Planet Lengkap!
    Planet Saturnus tidaklah padat, lantaran sebagian besar penyusunnya yaitu gas hidrogen dan heliumn. Hanya cuilan inti Planet Saturnus yang sangat kecil terdapat kerikil padat. Planet Saturnus mempunyai angin yang sangat kencang dibandingkan angin puting-beliung yang terjadi di Bumi. Angin di Saturnus yang sanggup berputar-putar tanpa henti pada cuilan ekuator serta mempunyai kecepatan sampai 1.100 km/jam.

    Ciri-Ciri Planet Saturnus
    1) Kala revolusi 29,42 tahun.
    2) Kala rotasi 10 jam 40 menit.
    3) Permukaan yang terdiri dari kristal es.
    4) Berdiameter 120.536 km.
    5) Dapat mengapung apabaila ditempatkan dalam air.
    6) Mempunyai cincin yang terdiri dari kerikil dan bongkahan es.
    7) Suhu rata-rata -140 derajat celcius.
    8) Jarak rata-rata dari Matahari 1433,5 juta km.
    9) Mempunyai 18 satelit.
  13. Planet Uranus
  14.  Pengertian planet yaitu benda langit yang mengorbit atau mengelilingi bintang dengan lin Pengertian Planet, Macam-Macam Planet, Ciri-Ciri Planet Lengkap!
    Nama planet Uranus diambil dari nama dewi langit yaitu Urania. Planet Uranus mempunyai jarak sekitar 2.872 km dari Matahari, sehingga sanggup melaksanakan 1 kali revolusi yang diperlukan sekitar 84 tahun. Planet Uranus terletak sangat jauh dari Matahari, sehingga permukaan Planet Uranus sangat dingin. Sinar Matahari membutuhkan waktu untuk mencapai Planet Uranus sekitar 2,5 jam. Saat ekspresi dominan panas, Matahari bersinar selama 20 Tahun, sedangkan ketika ekspresi dominan cuek akan terjadi kegelapan yang menyelimuti lebih dari 20 tahun lamanya. Saat ekspresi dominan gugur, Matahari terbit dan terbenam selama setiap 9 jam.

    Ciri-Ciri Planet Uranus
    1) Kala revolusi 84 tahun.
    2) Kala rotasi 17 jam 14 menit.
    3) Berdiameter 50.724 km.
    4) Mempunyai cincin.
    5) Suhu rata-rata -140 derajat celcius.
    6) Sumbu rotasi yang berimpit dengan bidang orbit, kutub utara dan selatan bergantian daerah menghadap Matahari.
    7) Jarak rata-rata dari Matahari 2.872 km.
    8) Memiliki 27 satelit.
    9) Planet Uranus berwarna hijau kebiruan, lantaran atmosfernya mengandung metana yang sangat tebal.
  15. Planet Neptunus
  16.  Pengertian planet yaitu benda langit yang mengorbit atau mengelilingi bintang dengan lin Pengertian Planet, Macam-Macam Planet, Ciri-Ciri Planet Lengkap!
    Planet Neptunus berdiameter sampai 50.500 km. Planet Neptunus ditemukan 65 tahun sehabis Planet Uranus ditemukan. Planet Neptunus mempunyai warna cerah biru kehijauan. Pengertian planet Neptunus disebut sebagai planet pembuat ulah. Planet Neptunus disebut planet pembuat ulah lantaran sering beredar keluar dari garis orbitnya. Planet Neptunus dikenal sebagai kembaran Planet Uranus. Planet Neptunus mempunyai atmosfer yang terdiri dari 1,5% metana, 19% helium, serta 80% hidrogen. Permukaan Planet Neptunus tertutup lapisan es yang tebal. Suhu Planet Neptunus sanggup mencapai -223 derajat celcius.

    Ciri-Ciri Planet Neptunus
    1) Kala revolusi 164,8 tahun.
    2) Kala rotasi 16 jam 7 menit.
    3) Berdiameter 50.500 km.
    4) Memiliki 14 satelit.
    5) Suhu rata-rata -223 derajat celcius.
    6) Mempunyai cincin.
    7) Jarak rata-rata dari Matahari yaitu 4.500 juta km.
    8) Mempunyai orbit yang berbarisan dengan Pluto.
    9) Atmosfer yang terdiri dari helium, gas hidrogen, es, amoniak, metana, dan air


Planet di Tata Surya dibagi menurut komposisinya, antara lain :
  1. Daratan
  2. Terdapat beberapa planet yang daratannya menyerupai dengan Bumi yang mempunyai permukaan yang tertutup oleh batuan antara lain Venus, Mars, Merkurius. Merkurius mempunyai massa 0,055 dan merupakan planet dengan daratan terkecil di Tata Surya dan Bumi merupakan planet dengan daratan terbesar.
  3. Raksasa gas (Jovian)
  4. Terdapat beberapa planet yang terbentuk dari material gas dan lebih besar dibandingkan Bumi: Saturnus, Uranus, Yupiter, dan Neputunus. Planet Yupiter mempunyai massa 318 kali palnet Bumi dan merupakan planet terbesar di Tata Surya. Planet Saturnus hanya 1/3 dengan ukuran 95 kali massa Planet Bumi.
  5. Raksasa es
  6. Terdapat beberapa planet yang menjadi raksasa es, yaitu planet Neptunus dan Uranus. Planet Neptunus dan planet Uranus yaitu subkelas raksasa es yang berbeda dengan raksasa gas, lantaran mempunyai massa yang lebih kecil dan sedikitnya terdapat hidrogen dan helium di atmosfer sekaligus terdapat proporsi kerikil dan es yang justru lebih tinggi.
  7. Planet katai
  8.  Pengertian planet yaitu benda langit yang mengorbit atau mengelilingi bintang dengan lin Pengertian Planet, Macam-Macam Planet, Ciri-Ciri Planet Lengkap!
    Sebelum keputusan Agustus 2006, beberapa objek diusulkan sebagai planet oleh para astronom. Namun tahun 2006, objek-objek tersebut dikelompokkan ulang menjadi planet katai. Hingga ketika ini terdapat lima planet katai yang diakui keberadaannya oleh IAU. Adapun lima planet katai tersebut antara lain Haumea, Makemake, Ceres, Pluto, dan Eris. Beberapa objek lain yang terletak di sabuk kuiper dan sabuk asteroid sedang dipertimbangkan; 50 di antara mempunyai kemungkinan besar untuk diakui. Terdapat 200 objek yang ditemukan sehabis seluruh sabuk Kuiper simpulan dijelajahi.

    Pengertian planet katai mempunyai ciri-ciri yang sama dengan planet, tetapi mempunyai beberapa perbedaan. Planet katai tidak mayoritas di orbitnya. Adapun semua planet katai merupakan anggota dari populasi yang lebih besar. Ceres yaitu benda terbesar yang terdapat di sabuk asteroid, sedangkan Makemake, Haumea, dan Pluto yaitu anggota sabuk Kuiper dan Eris merupakan anggota cakram tersebar. Para peneliti menyerupai Mike Brown percaya bahwa mungkin terdapat lebih dari 100 objek trans-Neptunus yang termasuk planet katai per definisi IAU.


Itulah pengertian planet, ciri-ciri planet, serta macam-macam planet. Adapun terdapat 8 planet yang termasuk macam-macam planet. Pluto bukan bukan planet, hal ini lantaran Pluto hanya terdiri dari kerikil dan es serta mempunyai ukuran yang sangat kecil, orbit pluto yang terkadang timpang tindih dengan orbit planet lainnya menyerupai timpang tindih dengan planet Neptunus, dan Pluto yang berukuran hampir sama dengan ukuran benda langit.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser