-->

Beasiswa Pembinaan Guru Ke Jepang (Sd, Sltp, Slta)

Beasiswa Pembinaan Guru Ke Jepang (Sd, Sltp, Slta)

Buat para guru yang mengajar SD, SLTP, atau SLTA, beasiswa training ke Jepang gres saja dibuka. Program ini ditawarkan eksklusif Pemerintah Jepang melalui denah Teacher Training Program atau jadwal penataran guru. Beasiswa ini merupakan bab dari beasiswa Monbukagakusho dari Pemerintah Jepang yang ditawarkan setiap tahun.

Ada beberapa laba jikalau terpilih dalam beasiswa training guru ke Jepang ini, di antaranya para peserta beasiswa tidak dibebankan ikatan dinas, bebas biaya ujian masuk, biaya kuliah, dan uang registrasi ke Jepang, disediakan tiket pesawat pp, pertolongan bulanan ¥ 143.000 atau sekitar Rp 16 juta lebih per bulan, serta disediakan asrama yang pembayarannya diatur sendiri oleh peserta beasiswa.

Beasiswa guru ke Jepang ini dirancang khusus bagi para guru untuk meningkatkan kualitas  pengajaran sesuai dengan bidangnya. Mereka akan diberikan training dalam cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa dan hal-hal lain yang sanggup meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru. Program ini ialah program non-gelar dan lamanya ialah 1 tahun 6 bulan (termasuk 6 bulan berguru bahasa Jepang) dari Oktober 2014.

Persyaratan:
1. Lulusan S-1 atau D-4 dan guru yang mengajar secara aktif di SD, SLTP, SLTA (termasuk sekolah swasta dan SMK).
2. Pelamar telah mengajar lebih dari 5 tahun di forum pendidikan formal pada tanggal 1 April 2014. Semua bidang ditawarkan kecuali, PKN, bahasa Indonesia, bahasa daerah, bahasa Arab, pendidikan agama, dan perhotelan.
3. Usia di bawah 35 tahun pada tanggal 1 April 2014.
4. Sehat jasmani dan rohani (bagi pelamar perempuan tidak diperbolehkan dalam kondisi hamil).
5. Bersedia berguru bahasa Jepang alasannya bahasa pengantar di universitas ialah bahasa Jepang.

Dokumen pendaftaran:
1. Formulir (unduh).
2. Pasfoto (harus ditempel pada formulir).
3. Fotokopi ijasah dan transkrip nilai.
4. Surat keterangan dari tempat mengajar yang menjelaskan bahwa pelamar ialah staf pengajar yang masih aktif mengajar dan disetujui mengikuti program beasiswa ini, Disertai keterangan masa mengajar (dari tanggal berapa hingga tanggal berapa), dan dicap oleh sekolah. Jika masa mengajar yang lebih dari 5 tahun terpisah dalam beberapa sekolah, lampirkan juga surat keterangan masa mengajar dari sekolah sebelumnya (beserta cap dari sekolah tersebut).
4. Surat rekomendasi dari Kepala Sekolah mengenai pribadi pelamar.

*Semua dokumen ditulis dalam bahasa Inggris atau Jepang. Ukuran kertas A4

Pendaftaran:
1. Pendaftaran dibuka pada 10 Desember 2013 dan ditutup pada 24 Januari 2014.
2. Bagi pelamar, baik pegawai negeri maupun swasta sanggup eksklusif menyerahkan/mengirimkan formulir yang telah diisi ke Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang dengan dilampiri dokumen yang diperlukan.
3. Bagi pelamar yang berstatus pegawai negeri tetap harus melapor dan menyerahkan fotokopi formulir kepada Biro Kerjasama Luar Negeri (BKLN) Departemen Pendidikan Nasional.

Formulir registrasi yang telah diisi beserta dokumen embel-embel dikirimkan ke:

Bagian Pendidikan Kedutaan Besar Jepang
Jl. M. H. Thamrin 24
Jakarta 10350


Aplikasi tersebut selambat-lambatnya sudah diterima pada tanggal deadline. Harap tuliskan isyarat “Teacher Training 2014” pada amplop formulir.

Tahap seleksi:
1. Seleksi berkas. Pengumuman hasil seleksi berkas akan ditampilkan di website Kedutaan Besar Jepang pada 14 Februari 2014.
2. Ujian tertulis bahasa Inggris (khusus untuk guru bahasa Jepang: ujian bahasa Jepang) pada 20 Februari 2014.
3. Bagi yang lulus ujian tertulis akan dipanggil untuk mengikuti wawancara di Jakarta.
4. Bagi yang lulus wawancara akan direkomendasikan ke Monbukagakusho.
5. Mereka yang lolos seleksi di Monbukagakusho akan menjadi peserta beasiswa.

Pertanyaan bisa disampaikan melalui email: beasiswa@dj.mofa.go.jp

Sumber https://www.beasiswapascasarjana.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser