-->

Beasiswa Brunei Darussalam 2018 - 2019

Beasiswa Brunei Darussalam 2018 - 2019

Jika tahun kemudian Anda belum mengikuti tawaran beasiswa di Brunei Darussalam, inilah kesempatan untuk mencobanya. Pemerintah Brunei Darussalam kembali membuka peluang Beasiswa Brunei Darussalam 2018 - 2019 bagi mahasiswa internasional. Kesempatan ini salah satunya terbuka bagi mahasiswa Indonesia yang ingin mengenyam studi di negara minyak itu.

Seperti tahun lalu, Beasiswa Brunei Darussalam 2018 - 2019 memperlihatkan beasiswa penuh untuk jenjang diploma (D3), sarjana (S1), master (S2), hingga doktor (S3). Peluang ini ditawarkan Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Brunei melalui Brunei Darussalam Government Scholarships to Foreign Students.

Empat perguruan tinggi Brunei yang berpartisipasi dalam beasiswa ini, yakni Universiti Brunei Darussalam (UBD), Universiti Islam Sultan Sharif Ali (UNISSA), dan Universiti Teknologi Brunei (UTB), dan Politeknik Brunei (PB). Anda dapat menentukan lokasi studi di salah satu kampus ternama Brunei tersebut. 

Menariknya, sebagian besar pilihan studi dapat diikuti melalui beasiswa Pemerintah Brunei ini, menyerupai keperawatan, kesehatan, kesenian, sains, bisnis, ilmu kesehatan, teknik, pendidikan, filsafat, matematika, komputer, kimia, biologi, biomedis, agama, linguistik, sejarah, antropologi, ekonomi, manajemen, keuangan, konseling, manajemen bisnis, hukum, bahasa Arab, bahasa Inggris, dan banyak lagi.

Selain dibebaskan dari biaya kuliah di empat kampus tersebut, kandidat terpilih juga akan memperoleh dukungan bulanan sebesar BND 500, kemudian dukungan buku BND 600 per tahun, serta dukungan makan BND 150 per bulan. Selain itu disediakan tiket pesawat pp, dukungan bagasi maksimum BND 250 ketika pulang, serta kemudahan daerah tinggal di universitas atau politeknik tujuan.

Durasi beasiswa diberikan selama empat tahun untuk jenjang S1, satu atau dua tahun untuk gelar S2, tiga tahun untuk gelar S3, dan tiga tahun untuk D3. Beasiswa dievaluasi setiap selesai semester untuk melihat kemajuan studi mahasiswa bersangkutan.

Persyaratan:
 1. Pendaftaran terbuka bagi semua warganegara, tidak terbatas hanya ASEAN, negara-negara anggota OIC maupun Commonwealth.
2. Pelamar harus dinominasikan oleh pemerintah negara bersangkutan (Kemdikbud atau Kemlu)
3. Pelamar harus dinyatakan sehat untuk memperoleh beasiswa serta berguru di Brunei Darussalam oleh dokter yang diakui sebelum datang di Brunei Darussalam. Biaya mendapat surat keterangan sehat ini ditanggung sendiri oleh pelamar.
4. Pelamar harus berusia antara 18 - 25 tahun untuk agenda diploma dan sarjana, serta tidak lebih dari 35 tahun untuk agenda pascasarjana terhitung 31 Juli 2018
5. Beasiswa ini tidak berlaku bagi warga tetap Brunei Darussalam

* Persyaratan lebih teknis terutama menyangkut dengan agenda yang akan diambil dapat dilihat pada program offered yang ditawarkan tiap universitas (link di formulir aplikasi).

Simak juga » Beasiswa S2 Terbaru Dalam dan Luar Negeri

Dokumen aplikasi:
1. Formulir aplikasi (Unduh)
2. Pasfoto terbaru ukuran paspor
3. Salinan ijazah dan transkrip akademik dilegalisir
4. Statement of Purpose (tertera di formulir)
5. Salinan akte kelahiran dan paspor dilegalisir
6. Salinan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
7. Terjemahan resmi ke dalam bahasa Inggris masing-masing dokumen aplikasi yang tidak berbahasa Inggris

* Terjemahan resmi dokumen ke dalam bahasa Inggris dapat memakai jasa penerjemah tersumpah atau terjemahan pribadi dari pihak kampus dan dicap


Pendaftaran:
Tahapan registrasi beasiswa Brunei Darussalam 2018-2019 cukup mudah. Lengkapi formulir aplikasi bersama dokumen aplikasi yang diminta di atas. Beberapa dokumen mungkin perlu di-scan, menyerupai ijazah dan transkrip, dll. Lalu buat dalam format pdf.

Selanjutnya kirim semua dokumen aplikasi tersebut ke email: applyBDGS2018@mfa.gov.bn

Bagi pelamar yang ingin studi di UBD, selain mengirimkan aplikasi beasiswa di atas, juga diharuskan melengkapi aplikasi online di laman: https://apply.ubd.edu.bn/orbeon/uis-welcome/

Permohonan dan pengajuan aplikasi beasiswa diterima paling lambat 28 Februari 2018. Pemberitahuan pemenang beasiswa biasanya disampaikan melalui email.

Baca juga » Jadwal Beasiswa S1, S2, S3 2018 - 2019

Kontak:
Technical Assistance Unit
Division of Scholarship, Training and Technical Assistance
Department of Administration
Ministry of Foreign Affairs and Trade
Bandar Seri Begawan BD2710
Brunei Darussalam

Tel: +673 2261177 ext. 155
Fax: + 673 2261250E-mail: scholarship@mfa.gov.bn

Sumber https://www.beasiswapascasarjana.com/
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Advertiser